Kemenag Pamekasan Gelar KSM di MTsN Sumber Bungur Pamekasan

Sabtu tanggal 30 April 2016, MTs Negeri Sumber Bungur Pamekasan dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kompetisi Sain Madrasah (KSM) tingkat MI, MTs dan MA se Kabupaten Pamekasan tahun 2016. Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan ini dimulai dari jam 08.00 dan berakhir sekitar jam 13.00. WIB.

Jumlah peserta keseluruhan sebanyak 547 peserta, yang terbagi dari 117 peserta tingkat MI, 144 peserta tingkat MTs, dan 286 peserta tingkat MA. Sedangkan jenis Mapel yang dilombakan berbeda untuk tiap jenjangnya, yaitu mapel IPA, MATEMATIKA dan PAI untuk tingkat MI, mapel PAI, IPS, BAHASA INGGRIS, BIOLOGI, FISIKA dan MATEMATIKA untuk tingkat MTs dan mapel BAHASA ARAB, BAHASA INGGRIS, BIOLOGI, EKONOMI, FISIKA, GEOGRAFI, KIMIA, MATEMATIKA dan PAI untuk tingkat MA.

0-2
Kasi Pendma Kemenag Kab. Pamekasan

Latar belakang kegiatan ini tentunya perundang-undangan yang telah mengamanatkan agar diselenggarakannya lomba, kompetisi atau kegiatan serupa yang memberi ruang kepada peserta didik yang memiliki keunggulan untuk muncul dan bersaing, sehingga tercipta kondisi kompetitif yang positif untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Pamekasan.

Tema KSM tahun ini adalah ” Menyiapkan generasi yang unggul dan berwawasan global “. Maksud unggul disini adalah menyiapkan generasi yang memiliki Added Value atau nilai tambah dibandingkan dengan generasi-generasi yang lainnya. sedangkan berwawasan global artinya generasi ini nantinya mampu mengimbangi dan menguasai perkembangan globalisasi sekarang, karena hanya dengan begitu mereka nantinya akan dapat survive. hal ini disampaikan oleh Kasi Pendma Kemenag Pamekasan bapak Drs. H. Nawawi, M. Fil. I selaku ketua panitia KSM tahun ini. Beliau juga berharap agar dengan KSM ini citra Kabupaten Pamekasan sebagai Kabupaten pendidikan dapat semakin bergaung. tentunya dengan torehan prestasi di tingkat Provinsi dan Nasional nantinya. Peserta didik yang punya bakat dan kemampuan bisa muncul dan memberi kontribusi positif bagi pendidikan di Kabupaten Pamekasan.

0-3
Kepala MTs Negeri Sumber Bungur

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan Drs. HM. Juhedi, M. Pd saat di wawancarai wartawan website MTsN Sumber Bungur menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya Kompetisi Sain Madrasah (KSM) kali ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada peserta khususnya yang menjadi pemenang di tingkat Kecamatan untuk berkompetisi di tingkat Kabupaten yakni agar supaya terus termotivasi mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teriring dengan ilmu pengetahuan (Imtek dan Imtaq). Jadi kalau iman dan taqwa sebenarnya sudah di implementasikan tiap hari karena ini adalah madrasah, oleh karenanya iman dan taqwa ini harus terus digalakkan. Beliau menargetkan agar supaya pemenang lomba di tingkat Kabupaten ini nanti tidak hanya cukup di Provinsi saja tetapi juga berharap di tingkat nasional, yang Insya Allah akan di selenggarakan di Pontianak Kalimantan Barat. Juhedi juga menyarankan kepada guru-guru pendamping atau pembina agar pembinaan ini jangan berhenti sampai disini, tetapi terus berkelanjuatan karena disamping hal ini bisa menjadi amaliyah hidup di dunia agar selamat di dunia dan di akhirat (belajar jangan berhenti), imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Fatimah salah seorang guru pendamping peserta lomba KSM dari MAN Jungcangcang Pa0-4mekasan saat di wawancarai, mengungkapkan bahwa keikut sertaan dalam ajang KSM Kemenag ini bukan hanya sekedar ikut berlomba tetapi untuk memacu dan melatih peserta didiknya agar bisa berfikir kritis, berdaya saing, dan untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa anak didiknya benar-benar memiliki kompetensi keilmuan sesuai d
engan mata pelajaran yang lombakan. Sementara persiapan yang ia lakukan adalah memberikan bimbingan dan pembinaan secara rutin kepada peserta lomba yang akan didelegasikan. Fatimah juga berharap pada kesempatan KSM kali ini peserta didiknya keluar sebagai pemenang.

Galeri Foto KSM Kabupaten Pamekasan
Galeri Foto KSM Kabupaten Pamekasan

Tentunya harapan akan terwujud jadi nyata jika dibarengi dengan ikhtiyar yang maksimal disertai dengan doa yang sungguh-sungguh. Mari kita dukung wakil-wakil madrasah ini untuk bisa bersaing dan membawa nama harum Kabupaten Pamekasan di tingkat Provinsi dan Nasional. Memang Madrasah lebih baik dan lebih baik Madrasah.

Reporter : Lutfi Rahman, Subairi

3 comments

Tinggalkan Balasan