Kreasi al-Quran

Kreasi al-Quran
(Karya Siswa Kelas VIII-IPA MTs Negeri Sumber Bungur Pamekasan)

Tugas utama seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar bukan hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan (transfer of knowledge) kepada peserta didik, akan tetapi hasil belajar yang diharapkan bisa melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang terintegrasi. Sehubungan dengan hal tersebut, salah satu bentuk kreatifitas siswa MTs Negeri Sumber Bungur Pamekasan dalam mengembangkan mata pelajaran al-Qur’an Hadis adalah memilah semua juz al-Qur’an dan memberinya sampul dengan desain yang menarik dan Islami.

Kegiatan pembelajaran ini bersifat kooperatif, yang mana guru pembimbing selaku inisiator (pencetus ide atau gagasan) pada kegiatan pembelajaran sebelumnya telah menbentuk kelompok dan menamai kelompok tersebut diambil dari nama-nama lain al-Qur’an seperti kelompok at-Tanzil, ad-Dzikru, Al-Furqan, al-Huda dan lain-lain. Satu hal yang menarik dari kreativitas siswa ini adalah mereka bersama kelompoknya berlomba-lomba mencari kata-kata mutiara yang bersumber dari al-Qur’an maupun Hadis disesuaikan dengan nama kelompok masing-masing sebagai pemanis cover pada sampul juz al-Qur’an tersebut. Untuk menghindari adanya kesalahan2.anak juz, baik dari segi penulisan maupun tahapan terakhir penjilidan guru pembimbing terus memantau dan memberikan pengarahan kepada semua kelompok sebelum tugas tersebut dikumpulkan.

Kreasi al-Qur’an karya siswa ini direspon positif oleh Kepala Madrasah. Beliau mengatakan bahwa kegiatan pembelajaran yang mampu mengahasilkan produk semacam ini  jika ditularkan pada kelas-kelas lainnya melalui guru pengajar terkait maka akan mendatangkan manfaat yang besar. Disamping itu juga akan menambah koleksi karya bagian keagamaan. Lebih dari itu, produk ini akan sangat bermanfaat ketika 5. anak lakibagian keagamaan menggelar acara Khatmil Qur’an yang melibatkan seluruh siswa dalam rangka memperingati hari besar Islam (PHBI). Hal yang tidak kalah pentingnya lagi, karya ini bisa disumbangkan kepada masyarakat sekitar (Masjid, Mushalla) pada saat madrasah mengadakan kegiatan bakti sosial.

Akhirnya, semoga kreasi al-Qur’an karya siswa MTs Negeri Sumber Bungur ini tidak hanya sekedar dijadikan pajangan atau koleksi saja akan tetapi dapat memberikan manfaat kepada kita semua dengan cara dibaca dan diamalkan isinya. Amin.

Penulis : Subairi, S. Hum

2 thoughts on “Kreasi al-Quran”

    1. semoga melalui penanaman sikap kecintaan terhadap al-qur’an menjadikannya penolong bagi kita semua kelak di Yamil Hasyr, Amin

Tinggalkan Balasan