MEMBANGUN SINERGI BERSAMA ORANG TUA/WALI MURID DAN MADRASAH

Pamekasan (5/1/2017). Mengawali kegiatan di semester genap pada tahun pelajaran 2016-2017 ini, Madrasah mengundang seluruh orang tua/wali peserta didik dari kelas VII hingga kelas IX untuk hadir ke Madrasah. Hal ini dilakukan untuk menjalin kebersamaan antara pihak Madrasah dengan para orang tua atau wali peserta didik, mengingat ada beberapa program Madrasah yang harus diketahui dan didukung oleh para orang tua/ wali.
Pada pertemuan kali ini Kepala Madrasah Bapak H. Mohammad Holis, S.Ag, M.Pd menyampaikan tentang :
1. Pentingnya ketuntasan SKUA sebagai syarat untuk mengikuti Penilaian Akhir Semester bagi seluruh peserta didik di MTsN Sumber Bungur dari kelas VII-IX. SKUA merupakan wujud dari penerapan kemampuan para peserta didik dalam hal beribadah dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.
2. MTsN Sumber Bungur merupakan Madrasah Adiwiyata, artinya madrasah ini adalah madrasah yang peduli terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan. Dalam lingkungan madrasah, para peserta didik dibiasakan untuk hidup sehat, bersih dan peduli lingkungan. contoh paling sederhana adalah membiasakan para peserta didik untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Mengurangi penggunaan plastik dengan membawa kotak makan dan botol minuman sendiri ke madrasah. Diharapkan kebiasaan baik yang ada di madrasah ini dapat diterapkan juga di rumah mereka. Hal inilah yang menuntut peran dan sinergi Madasah bersama orang tua/wali.
3. MTsN Sumber Bungur telah memiliki produk andalan yang bernilai ekonomis, yaitu Dendeng Daun Singkong dan Teh Herbal Daun Bungur. Produk-produk tersebut merupakan hasil pengolahan SDA yang terdapat di lingkungan madrasah. selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi, produk tersebut juga memiliki khasiat kesehatan bagi yang mengkonsumsinya, dan Alhamdulillah produk produk tersebut telah terdaftar sebagai salah satu produk unggulan UMKM Kabupaten Pamekasan dan Provinsi Jawa Timur.
4. Sosialisasi tentang pedoman penilaian yang sesuai dengan Permendikbud No 23 tahun 2016 khususnya untuk kelas IX tentang Ujian Nasional (UN) dan Try Out Berbasis Komputer yang akan dilaksanakan pada bulan April 2017 mendatang.

(oleh : Lutfirahman, S.Pd.)

Tinggalkan Balasan