PWI Pamekasan MoU Bersama MTs Sumber Bungur

PWINews – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan bersama MTs Negeri Sumber Bungur, Pakong Pamekasan menanda tangani nota kesepahaman di sekretariat PWI di Jalan Panglima Sudirman Nomor 4 Pamekasan, Selasa (15/11/2016) malam.
“Penanda tanganan tentang nota kesepahaman antara MTs Negeri Sumber Bungur dengan PWI Pamekasan ini terkait program pembinaan dan pengembangan pada bidang media publikasi dan jurnalistik,” kata Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz dalam keterangan persnya, Rabu (16/11/2016) siang.
Dalam nota kesepaham itu, kedua belah pihak bersepakat untuk saling membantu sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.
Pendidikan jurnalistik terintegratif dengan pembelajaran, yakni adiwiyata, antinarkoba, antiterorisme dan pendidikan antikorupsi juga menjadi bidang kerja sama kedua institusi itu.
Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz menjelaskan, kerja sama dengan lembaga pendidikan yang dilakukan oleh PWI Pamekasan ini sebagai bagian dari misi organisasi profesi wartawan itu, untuk menciptakan masyarakat melek media. [Baca Juga: PWI Pamekasan Gelar Kursus Jurnalistik]
“Kami berkepentingan dengan terwujudkan masyarakat melek media di Pamekasan. Karena di era multi media, dimana banyak fasilitas media sosial, juga disatu sisi menjadi tantangan tersediri bagi masyarakat kita,” katanya.
Pewarta Perum LKBN Antara untuk wilayah Madura ini lebih lanjut menjelaskan, saat ini masyarakat bukan lagi sebagai konsumen berita, akan tetapi juga sebagai produsen berita, seiring dengan maraknya jejaring sosial, semisal twitter dan facebook.
Informasi yang disampaikan melalui media sosial ini, terkadang tidak bisa dipertanggung jawabkan, karena dari sisi kaidah jurnalistik memang buka masuk kategori karya jurnalistik. “Tapi oleh sebagian masyarakat kita cenderung dipahami sebagai berita media,” katanya.
Oleh karenanya, PWI memandang perlu untuk memperluas jaringan, dan saling mengingat, agar masyarakat tidak menjadi korban pemberitaan yang tidak bertanggung jawab itu.
Kepala MTs Negeri Sumber Bungur Pamekasan Mohammad Holis, M.Si menyatakan, akses media bagi lembaga pendidikan merupakan kebutuhan, dan oleh karenanya institusi menggandeng organisasi profesi wartawan sebagai upaya untuk meningkatkan wawasan jurnalistik dan publikasi lembaga.
“Tuntutan pusat, kita memang harus menggandeng media, dan memahami jurnalitik, sebagai upaya untuk mempublikasikan lembaga, menimal melalui media sekolah yang sudah ada,” katanya.
Menurut Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz, nota kesepahaman antara PWI Pamekasan dengan MTs Negeri Sumber Bungur, merupakan lembaga ketiga yang telah bekerja sama dengan PWI Pamekasan.
Sebelumnya, PWI Pamekasan menanda tangani nota kesepahaman dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Universitas Islam Madura (UIM), lalu yang ketiga dengan MTs Sumber Bungur, Pakong, Pamekasan. (PWI Pamekasan)
Sumber Berita : http://www.pwipamekasan.com/2016/11/pwi-mts-sumber-bungur-tanda-tangani.html

Tinggalkan Balasan