SIAP UNBK 2017

ByLutfi Rahman

SIAP UNBK 2017

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaanya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat  secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah/madrasah), kemudian ujian peserta didik dilayani oleh server lokal secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah / madrasah) ke server pusat secara online.

Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumber Bungur pada tahun ini menjadi penyelenggara UNBK bersama dengan 1.311
MTs se Indonesia. Hal ini menindaklanjuti instruksi dari Kementerian Agama agar melaksanakan UNBK pada tahun ajaran 2016-2017.

UNBK – Ruang/Server 3

Suasana di Ruang/Server1

Pada pelaksanaan UNBK kali ini, memang sesuatu yang ekslusif tentunya, mengingat pada pelaksanaan UN tahun-tahun sebelumnya, MTsN Sumber Bungur masih berorientasi pada Paper Based Test. Dalam persiapannya, tentu ada beberapa hambatan dan kendala yang dihadapi. Hal ini wajar, mengingat ini adalah penyelenggaraan perdana. Namun, Alhamdulillah berkat doa dan usaha yang sungguh-sungguh dari seluruh elemen Madrasah, terutama kepada Panitia penyelenggara dan para teknisi, kendala tersebut dapat diselesaikan.

Jumlah peserta UNBK tahun ini adalah sebanyak 360 peserta didik. Dari jumlah tesebut, ada empat  server utama yang digunakan serta satu server cadangan, dimana jumlah perangkat komputer yang tersedia sebanyak 120 unit. Dengan jumlah peserta 360 orang, maka pada kegiatan UNBK nantinya akan dibagi menjadi 3 sesi, dimana setiap sesi akan diikuti oleh 120 peserta.

Suasana simulasi UNBK tahap 3 diruang 2

Alhamdulillah, pada tanggal 20-21 Maret MTsN Sumber Bungur melaksankan simulasi UNBK tahap tiga, yang sekaligus merupakan gladi bersih UNBK 2016-2017. Simulasi tahap 1 dan 2 telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Dalam pelaksanaan simulasi yang terakhir ini, semua kendala teknis yang muncul pada simulasi pertama dan kedua telah mampu di tanggulangi, sehingga hampir tidak ada lagi kendala berarti yang dihadapi. Dengan hasil ini bisa dipastikan bahwa MTsN  Sumber Bungur telah siap menyelenggarakan UNBK pertamanya tahun ini. Semoga saja, persiapan matang yang telah dilakukan membawa kebaikan pada saat hari pelaksanaan nantinya.  Amin.

 

 

 

Tentang Pengarang

Lutfi Rahman author

Tinggalkan Balasan