Napak Tilas Prestasi MTsN 3 Pamekasan 2021

Tahun baru saja berganti. Banyak peristiwa dan kenangan yang membekas di tahun yang lalu. Ada capaian prestasi yang mampu diraih, ada harapan yang belum terwujud, dan ada pula kegagalan datang menghantam. Jika kita ingat, sejak bulan Maret 2020 hinga sekarang, kita semua menghadapi covid-19. Berbagai cara dan upaya telah bersama kita lakukan. Meski begitu tak sedikit nyawa yang harus menjadi korban. Tak terhitung ada berapa ribu orang meninggal saat Covid-19 menghantam negeri ini. Langkah langkah strategis harus segera diambil oleh pemerintah guna menyelamatkan kesehatan,ekonomi dan bidang lainnya. Pemerintah bersama-sama dengan kita semua telah berupaya maksimal dalam mengatasi dan menanggulangi pandemi, salah satunya dengan melaksanakan vaksinasi.

proses vaksinasi

Disaat dunia pendidikan terguncang akibat Covid-19, beberapa lembaga pendidikan malah mampu menunjukkan eksistensinya dengan raihan beragam prestasi. Salah satunya adalah MTsN 3 Pamekasan, yang sepanjang tahun 2021 mampu mempersembahkan 173 penghargaan bergengsi. Capaian prestasi tersebut bukan hanya semata-mata yang dipersembahkan oleh peserta didik, namun semua elemen di MTsN 3 Pamekasan mampu mempersembahkan prestasi.

Untuk lebih jelasnya, 173 prestasi atau penghargaan yang ditorehkan MTsN3 Pamekasan terbagi atas lima kategori. Pertama, delapan penghargaan level Nasional dan Internasional yang dipersembakan oleh Kepala MTsN 3 Pamekasan. Diantaranya adalah : Rekor Prestasi IndonesiaAward 2021, kemudian beliau juga meraih Indonesia Most Admired Education Award 2021, kemudian meraih Indonesia Best Creative and Innovative Award 2021. Di tahun yang sama beliau juga menjadi Anggota Tim Penyusun Regulasi Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.  Kemudian beliau juga menjadi Instruktur Nasional Program PKB Kepala Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2021.

Kedua,sepanjang tahun 2021, terhitung sudah ada 6 judul Karya tulis baik  berupa buku maupun jurnal Kepala MTsN 3 Pamekasan yang telah ber ISBN ataupun ISSN. Diantara buah karya beliau adalah “Inovasi Madrasah Berbasis Edukotorism”, “Yang Berbeda dari Petugas Kloter”, “ Fenomena Guru Perspektif Fungsi dan Identitas Sosial” serta “62 Rekayasa Guru dalam Pembelajaran”.

Ketiga, tercatat tiga puluh penghargaan diperoleh guru MTsN 3 Pamekasan sepanjang tahun 2021 mulai level lokal hingga Nasional. Dari Ketiga puluh prestasi tersebut, tidak mungkin disebutkan satu persatu, namun diantaranya adalah : Agus Budi Hariyanto sebagai Fasilitator Pelatihan Pengembangan Keprofesian  Berkelanjutan (PKB) bidang Matematika. Duwi Hartanti sebagai Fasilitator Pelatihan Pengembangan Keprofesian  Berkelanjutan (PKB) bidangBahasa Inggris. Haryono sebagai Fasilitator Pelatihan Pengembangan Keprofesian  Berkelanjutan (PKB) bidangBahasa Indonesia. Agus Budi Hariyanto sebagai Guru Champion Kementerian Agama Republik Indonesia bidang Matematika.

Keempat, ada sekitar seratus dua puluh dua penghargaan untuk peserta didik yang dikategorikan dalam tingkatan lokal hingga ke Internasional. Diantara penghargaan tersebut adalah : ananda Ayn Al Qodiy Dzikri Rahullah meraih medali Emas dalam ajang Science Hots Malaysia. Medali Silver di bidang Sains pada ajang Philipine International Math and Science Olympics. Medali Silver Foton Biologi ITS Surabaya Naional,dst. Selain ananda Ayn, ada juga beberapa peserta didik yang juga berprestasi di tahun2021, seperti ananda Qorinatul Chusna, Amira Afifa Anwar, Asrina Irwani, Rafif Alamsyah, Afif Fahmi Syahputra, Mohammad Anas, Akhmad Farhan Ubaidillah serta beberapa peserta didik lain yang tidak bisa disebutkan secar gamblang.

Kelima, merupakan prestasi yang dipersembahkan oleh lembaga sebagai salah satu fasilitas layanan publik dalam tingkatan lokal hingga Nasional. Adapun penghargaan itu antara lain : MTsN 3 Pamekasan ditetapkan sebagia MTs Unggulan Bidang Akademik. Best of Islamic school Award 2021. The Best Favorite Islamic School Award 2021. Dst.

Dari uraian prestasi yang dipaparkan, mengungkapkan bahwa di tengah tengah kondisi yang serba tidak menentu masih ada hal positif. Rangkaian penghargaan yang diperoleh membuktikan bahwa untuk meraih prestasi dibutuhkan kerja keras, komitmen dan integritas yang kuat. Kesuksesan tidak datang sendiri, namun harus diperjuangkan dan diraih. Dari keterbatasan pembelajaran daring, mampu melahirkan sejumlah prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Prestasi yang paling berkesan adalah ketika MTsN 3 Pamekasan ditetapkan sebagai MTs Unggulan Bidang Akademik dengan SK DirjenPendis 1834 tahun 2021, tanggal 5 April 2021. Capaian ini mampu merubah mindset sebagian besar civitas MTsN 3 Pamekasan untuk lebih maju dan berkembang, terutama bagaimana memelihara dan mempertahankan label sebagai madrasah unggulan bidang akademik.

Semoga di kemudian hari akan makin banyak lagi capaian prestasi dan penghargaan yang mampu dipersembahkan oleh civitas MTsN 3 Pamekasan. Prestasi atau penghargaan tersebut merupakan kado terindah bagi civitas dan mayarakat serta sebagai wujud dedikasi MTsN 3 Pamekasan dalam memberikan layanan publik yang prima. Jaya terus MTsN 3 Pamekasan.

Tinggalkan Balasan