KANTIN SEHAT MTsN SUMBER BUNGUR PAMEKASAN

Sebagai Madrasah Adiwiyata, penanaman karakter dan pendidikan tentang pelestarian lingkungan dan kesehatan telah diterapkan di madrasah ini. banyak hal yang telah dilakukan oleh madrasah agar tercipta lingkungan belajar yang asri, sejuk dan nyaman. Dari segi fisik dapat terlihat jelas usaha kearah pelestarian dan kepedulian terhadap lingkungan yang bersih, asri dan sehat.

Suasana Di di depan Kantin Sehat

Salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Madrasah Adiwiyata adalah keberadaan Kantin Sehat. Kantin Sehat merupakan tempat pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi para peserta didik beserta serta para tenaga pengajar. Selama proses belajar dan mengajar tentunya banyak energi yang dikeluarkan. Untuk mendukung agar proses belajar mengajar tetap berjalan dengan baik, maka pemenuhan nutrisi yang sehat sebagai asupan pengganti energi yang dipakai mutlak diperlukan.Kantin Sehat juga berfungsi sebagai salah satu sarana pendidikan. Tempat ini bisa dijadikan media belajar dan berdiskusi manakala guru ingin menyampaikan materi berkaitan dengan kandungan nutrisi bahan makanan, atau bisa juga dikupas aspek sosial ekonominya. Bagaimana para peserta didik dapat dilatih untuk memiliki rasa enterpreneurship dan tanggung jawab.

Aktifitas Kantin Sehat
Kunjungan Guru
Kunjungan Peserta didk

Jajanan yang layak dikonsumsi adalah yang mengandung nutrisi sehat seperti lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan protein. Bukan yang mengandung zat aditif berbahaya. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, di dalam lingkungan MTsN Sumber Bungur telah berdiri Kantin Sehat. Segala jenis jajanan yang ada di kantin ini insyaallah telah bebas dari unsur 6P, yaitu Penyedap, Pemanis, Pengenyal, Pengawet, Pewarna dan Pembungkus makanan yang berbahaya.
Dalam kegiatannya melayani kebutuhan nutrisi, pengelolaan tempat ini melibatkan para peserta didik yang diawasi oleh salah satu guru yang dipercaya sebagai penanggung jawabnya.
Kantin Sehat menjadi semacam laboratorium mini dalam pembelajaran, karena setiap menu makanan dan minuman yang disediakan tersaji juga informasi mengenai kandungan gizi serta manfaatnya bagi kesehatan. Di tempat ini para peserta didik juga bisa belajar bagaimana menerapkan azas-azas ekonomi, belajar pula bagaimana berinteraksi dan bersosialisasi.

Menikmati menu Kantin Sehat

Keberadaan Kantin sehat ini merupakan bukti nyata bahwa MTsN Sumber Bungur benar-benar peduli akan nilai kesehatan para peserta didik dan guru, sehingga mampu menunjang pada kegiatan belajar dan mengajar di madrasah. Jika para peserta didik sehat, maka Madrasah senang, orang tua juga senang dan prestasi juga akan lebih mudah untuk diraih. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa dan potensi hebat didalamnya. Untuk itu perlu nutrisi yang sehat dan layak untuk dikonsumsi agar kesehatan para peserta didik dan guru dapat terjaga.

(Lutfi Rahman, S.Pd)

Tinggalkan Balasan