Lancar, Pelaksanaan AKG TK di MTsN 3 Pamekasan.

MTsN 3 Pamekasan menjadi salah satu tempat Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama tahun 2024 di Kabupaten Pamekasan. Program Nasional Kemenag yang dilaksanakan serentak mulai tanggal 24-26 Juni 2024 tersebut diikuti oleh 283.940 secara nasional. Jumlah tersebut terdiri dari 217.664 guru, 3.661 pengawas dan 61.615 kepala madrasah. Sedangkan peserta AKG TK Kabupaten Pamekasan yang memilih lokasi pelaksanaan asesmennya di MTsN 3 Pamekasan yakni sebanyak 640 peserta.

MTsN 3 Pamekasan telah menyiapkan 5 ruang dengan kapasitas masing-masing 25 orang. Dimana pada setiap ruang terdapat 3 petugas yang akan mendampingi peserta agar selama pelaksanaan asesmen, peserta merasa tenang dan lebih berkonsentrasi dalam menjawab 60 soal kompetensi pedagogik dan profesional. Ke tiga petugas tersebut terdiri dari Penanggungjawab Ruang, Proktor dan Pengawas. Standar ini sesuai dengan Juknis yang sudah ditetapkan Kementerian Agama.

Pelaksanaan asesmen dibagi menjadi tiga sesi yakni sesi 1 dilaksanakan pada jam 08.30-10.30, sesi 2 pada jam 11.00-13.00 dan sesi 3 pada jam 13.30-15.30. AKG TK tahun ini berbasis digital, dimana peserta akan melaksanakan asesmen menggunakan aplikasi digital, untuk itu dalam edaran sebelumnya, para peserta AKG TK diharap membawa Laptop dan menyiapkan paket internet.

Kendala terjadi di hari pertama pelaksanaan pada saat sesi 1. Sistem mengalami gangguan dan server down. Meski sudah ditunggu lebih dari satu jam, namun nampaknya maintenance dari pusat belum terselesaikan. Kasus ini ternyata menjadi permasalahan yang bukan hanya terjadi di MTsN 3 Pamekasan, melainkan juga terjadi di beberapa Kabupaten/Kota se Indonesia. Solusi bagi peserta sesi 1 yang belum bisa ikut, diberi kesempatan untuk mengikuti asesmen susulan dengan juknis yang baru. Di hari terakhir pelaksaan AKG TK, Kasi Pendma Kemenag Kabupaten Pamekasan, Badrus Shomad hadir meninjau pelaksanaan asesmen di MTsN 3 Pamekasan. Didampingi oleh kepala MTsN 3 Pamekasan, Agus Budi Hariyanto , beliau juga sempat masuk dan berkomunikasi dengan para peserta di dalam ruangan. Beliau menyatakan bahwa AKG TK ini penting bagi Kemenag sebagai acuan untuk menyusun kebijakan pengembangan keprofesian berkelanjutan serta pemetaan kesesuaian kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugasnya, sesuai dengan standar kompetensi yang diharapkan Kementerian. Beliau juga menjelaskan bahwa AKG TK tahun ini ada dua tahap. Tahap 1 dilaksanakan mulai tanggal 24-26 Juni 2024 yang diikuti oleh guru mapel umum dan BK sedang tahap 2 dilaksanakan insyaallah di bulan Oktober mendatang yang akan diikuti oleh guru mapel agama. Beliau juga berterimakasih kepada MTsN 3 Pamekasan yang sudah menjalankan kewajibannya dengan baik dan optimal. Semoga AKG ini benar-benar berkontribusi bagi peningkatan profesionalisme dan kualitas guru-guru madrasah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20  +    =  27