PENGUKUHAN KADER DAN DUTA MODERASI BERAGAMA DI MTsN 3 PAMEKASAN

Indonesia dengan kekayaan kebhinekaannya merupakan negara dengan multi etnis, kultur, budaya, adat, agama dan ras yang sangat majemuk. Kekuatan keberagaman itu menjadi perekat bersatunya bangsa ini dalam suatu wadah bernama NKRI. Sejak beberapa dekade terakhir ini, ada semacam kekhawatiran akan adanya upaya penggerusan semangat persatuan yang mencoba mempreteli kesatuan kita sebagai bangsa dengan cara menjadikan keberagaman yang sudah menjadi harmoni menjadi senjata untuk berpisah dan tercerai berai.

Menyikapi keadaan semacam ini, maka seluruh komponen bangsa hendaknya bersama menangkal upaya penggembosan kita sebagai bangsa dengan segala upaya dan kemampuan kita. Kementerian Agama Republik Indonesia menghadirkan gebrakan dengan program moderasi beragama. Dimana salah satu bentuk nyata yaitu adanya keterlibatan ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP)Kementerian Agama dalam menjadi agen dan duta Moderasi Beragama. Gerakan moderasi beragama yang dipelopori oleh ibu-ibu DWP Kementerian Agama menghadirkan kegiatan yang dinamai BUNDA MODIIS yaitu singkatan dari Bangkit Untuk Negara Damai dan Aman yang Moderat, Inspiratif, Inovatif dan Santun.

Maka pada hari ini, Jum’at 21 juli 2023 DWP Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan mengukuhkan Kader dan Duta Moderasi Beragama di MTsN 3 Pamekasan. Kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Masa Ta’aruf Madrasah (MATSAMA) 2023-2024 ini dilaksanakan di ruang Aula MTsN 3 Pamekasan dari jam 07.30 wib dan berakhir kurang lebih pada jam 10.20 wib.

Hadir langsung dalam kegiatan tersebut  Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan Mawardi beserta ibu yang merupakan ketua DWP Kemenag Kabupaten Pamekasan serta beberapa Duta dan Kader Moderasi Beragama Kemenag Pamekasan. Dimana pada puncak acara tersebut adalah pengukuhan Kader dan Duta Moderasi Beragama di MTsN 3 Pamekasan. Terpilihnya beberapa guru dan peserta didik sebagai Kader dan Duta Moderasi Beragama merupakan hasil pertimbangan dari seluruh peserta DWP MTsN 3 Pamekasan. Sebagai Kader atau Duta Moderasi Beragama, tentu memiliki tanggung jawab untuk menularkan sikap moderasi dan toleran kepada orang lain. Pendekatan para Bunda Modiis dalam menyampaikan program pemerintah terkait Moderasi Beragama diyakini akan lebih efektif dan mudah. Karena para ibu lebih paham bagaimana memberi pengarahan dan informasi kepada masyarakat yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh para pria. Tidak bisa dibantah bahwa peran ibu dalam konstruksi pembangunan negeri ini sangat besar.  Untuk itu mari kita semua tetap berpegang teguh pada semangat persatuan dan kesatuan bangsa dan jangan mudah terprovokasi dengan hal-hak yang sifatnya belum jelas. Semangat  terus kepada civitas MTsN 3 Pamekasan dalam membantu menyampaikan program-program pemerintah untuk hidup dalam keberagaman dengan menumbuh kembangkan sikap Moderasi Beragama baik dalam lingkungan madrasah maupun di dlam kehidupan bermasyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

46  +    =  48