3 Awards di ajang PIMSO 2021

The Philipine International Math and Science Olympics ( PIMSO) merupakan ajang kompetisi internasional dalam bidang Matematika dan Sains dari level Kindergarten, Primary , Secondary dan Senior levels. Tujuan dari kompetisi ini tentu untuk mencari bakat-bakat excellent di bidang matematika dan sains secara global.

Kompetisi ini merupakan kegiatan yang dipromotori oleh ICE ( International Champions in Education) yang berpusat di Manila, Filipina. Keyakinan bahwa kemampuan di bidang matematika dan sains merupakan dasar kesuksesan masyarakat, menjadi landasan mengapa kompetisi ini hanya fokus ke dua bidang tersebut.

Kegiatan PIMSO sendiri diikuti oleh ribuan peserta dari beberapa negara secara global, dimana rangkaian kegiatannya sendiri dibagi menjadi dua bagian, yakni National Round dan International Round. Untuk National Round, dilaksanakan antara bulan Maret dan Mei 2021 di masing-masing negara peserta. Sedang untuk International Round dilaksanakan pada tanggal 22-25 April 2022.

Alhamdulillah, pada seleksi tingkat Nasional di Indonesia, peserta didik dari MTsN 3 Pamekasan mampu mempersembahkan satu silver award di bidang sains dan 2 merit award di bidang Matematika.

Kembali ananda Ayn Al Qodiy Rahullah mempersembahkan silver award di bidang sains serta ananda Qorinatul Chusna dan Amira Afifa Anwar memperoleh Merit Award di bidang Matematika. Prestasi ini tentu merupakan sebuah penghargaan yang membanggakan bagi seluruh civitas MTsN 3 Pamekasan, mengingat di masa pandemi covid seperti sekarang, dunia pendidikan cenderung mengalami degradasi kualitas.

Dengan torehan prestasi ini, mempertegas bahwa lembaga MTsN 3 Pamekasan berkomitmen untuk mempertahankan kualitas juara yang sudah menjadi salah satu ciri dan tradisi selama ini. Adanya prestasi tersebut menunjukkan bahka pembimbingan serta pembinaan bagi peserta didik rutin dilaksanakan baik secara offline maupun online. Tidak ada istilah pembiaran kepada peserta didik jika sudah menyangkut dunia pendidikan.

Hal tersebut tentunya tidak bisa terpisah dari andil Kepala Madrasah bapak Moh. Holis yang selalu mewanti wanti para guru agar tidak kendor dalam membimbing dan membina para peserta didik untuk bisa berprestasi. Beliau tidak ingin para peserta didik di MTsN 3 Pamekasan sampai merasa kehilangan haknya untuk mendapat pengajaran hanya karena covid. Teknis pembelajaran, pembimbingan maupun pembinaan harus mampu beradaptasi dengan kondisi dan situasi yang terjadi. Pasti ada solusi untuk setiap problematika yang muncul.

Ucapan terimakasih disampaikan kepada seluruh guru yang telah membimbing para peserta didik untuk  bisa meraih prestasi. Karena tanpa jerih payah para guru, mustahil kesuksesan dapat diraih. Kedepan mari bersama untuk tidak menyerah pada keadaan yang sulit, tapi berlakulah bagaimana mensiasati situasi yang sulit dengan tetap berprestasi.

Tinggalkan Balasan