MENDULANG PRESTASI DAN KESERUAN PERINGATAN HARI GURU MTsN 3 PAMEKASAN

Memasuki bulan November, sebagian besar penduduk Indonesia akan bereuforia untuk memperingati Hari Pahlawan dan yang terpenting yaitu hari Guru. Jika Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November kita peringati untuk menuai pesan mendalam tentang semangat patriotik dan cinta tanah air maka di tanggal 25 November kita memperingati Hari Guru Nasional yang merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para guru dengan segala dedikasinya dalam upayanya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Di tahun ini, Kementerian Agama Republik Indonesia Kabupaten Pamekasan mengadakan rangkaian kegiatan berupa ragam lomba baik untuk para peserta didik di lingkungan madrasah dari tingkat Ibtidaiyah sampai Aliyah  juga untuk para guru. Adapun jenis lomba Guru dalam memperingati Hari Guuru Nasional yaitu Lomba Inovasi Pembelajaran, Lomba Guru Menulis, Lomba Syi’ir Madura dan Lomba Cerdas Tangkas. Sedang untuk lomba bagi peserta didik yaitu, Lomba Produk Pembelajaran, Lomba Baca Puisi Madura, Lomba Pidatoo Madura, Lomba Mapel IPA, Lomba Mapel Matematika, Lomba Mapel IPS, Lomba Mapel Keagamaan dan yang terakhir Lomba singer.

Untuk raihan juara pada lomba HGN tahun ini, MTsN 3 Pamekasan memborong banyak predikat Juara. Baik untuk kategori Guru, terlebih untuk kriteria Peserta Didik. Diawali dari kategori lomba Guru Menulis, MTsN 3 Pamekasan mampub meraih juara pertama atas nama Ibu Duwi Hartanti denga judul karya yakni “Solusi degradasi Siswa –Siswi saat Transisi Pandemi” dan Juara 4 atas nama Neng Dyah Surya Pratama dengan judul karya “ Rahasia Pendidik Madrasah Dalam Dinamisasi Pendidikan Akibat Konsekuensi Revolusi Industri 4.0”

Untuk kriteria peserta didik, MTsN 3 Pamekasan mampu mengukuhkan menjadi yang terbaik dengan total raihan juara terbanyak untuk tingkat Tsanawiyah. Raihan-raihan itu yaitu Juara 2 Lomba Singer Putri atas nama Naila Zulfatil Kamala, Juara 3 Lomba Singer Putri tingkat Tsanawiyah atas nama Ayu Malika Arrazak. Kemudian berlanjut ke Lomba Produk Hasil Pembelajaran dimana 2 peserta didik kita mampu mempersembahkan juara, masing-masing Juara 1 Atas Nama Naurah Raisa dan Astri Nabila Putri yang dapat juara sebagai juara -5.

Di Lomba Baca Puisi dan Pidato Madura, MTsN 3 Pamekasan mampu menyabet Juara 1 di masing-masing cabang lomba tersebut atas nama Bravika Bunga Shafarina. Selanjutnya untuk lomba Mapel, MTsn 3 Pamekasan mampu menyabet gelar juara terbanyak. Di mulai dari mapel IPA, MTsN 3 Pmekasan mampu meraih 2 gelar juara, masing-masing juara 1 atas nama Qausu Quzah Fi Balina dan Juara 2 atas nama Alef Apriyanto Hidayat. Kemudian di mapel Matematika dua Gelar mampu dipersembahkan yakni Juara 1 atas nama Qorinatul Chusna dan Juara Harapan 3 atas nama Akhmad Farhan Ubaidillah. Yang paling membanggakan yakni di cabang mapel IPS, di kelas ini MTsN 3 Pamekasan memborong 5 gelar masing-masing Juara 1 atas nama Astri Nabila Putri, Juara 2 diraih oleh Mohammad Unais, Juara 3 dipersembahkan oleh Dzikrie Putra Pratama Da’i, Juara Harapan 1 atas nama Mohammad Anas dan yang terakhir Juara Harapan 3 diraih oleh Rona Barizah Nafisah Salsabila.

Disamping nama-nama disebutkan diatas, pada bulan ini pula MTsN 3 Pamekasan juga meraih beberapa kriteria juara di bidan Matematika yakni Raihan Bronze Award oleh Akhmad Farhan Ubaidillah dalam Philipine International Mathematical Olympiad (Final Round Creah) 2022 kemudian perolehan Merit Award oleh Shafa Aulia Afandi dan Tria Fahira Nuramaja dan Silver Award oleh Akhmad Farhan Ubaidillah dalam Thailand International Mathematics Olympiad 2022. Selain raihan prestasi yang ditorehkan oleh pahlawan-pahlawan kami, dalam peringatan HGN tahun ini, ada hal yang spesial dari MTsN 3 Pamekasan yaitu selain tentunya pelaksanaan Upacara peringatan HGN 2022, kami juga menggelar acara seru yang benar-benar menciptakan suasana riang dan senang meski sejatinya acara tersebut diperlombakan. Kegiatan itu ialah lomba memasak oleh para bapak guru mewakili masing-masing mapel yang diampunya. Kegiatan yang dilaksanakan seusai upacara peringatan HGN ini menjadi acara yang seru dan mendatangkan suasana keakraban seluruh guru MTsN 3 Pamekasan. Acara yang disaksiaka langsung oleh peserta didik ini menjadi semakin semarak manakala para peserta didik meneriakkan yel-yel penyemangat untuk mendukung para guru dalam mengolah nasi goreng. Acara yang ditutup dengan kegiatan makan bersama tersebut terasa sangat menyentuh sisi humanis para guru yang selama ini telah mendedikasikan pikiran, tenaga, waktu dan kesempatan untuk mentransfer keilmuwannya kepada para peserta didik. Semangat kebersamaan dan kekeluargaan terasa semakin erat mengikat para guru dalam balutan nada Hari Guru Nasional. Selamat Hari Guru bagi para Guru di Pertiwi Indonesia, jangan berhenti untuk mendedikasikan hidup dalam dunia pendidikan karena inilah ladang amal kita yang insyaalah akan membawa kita dan kehidupan kita menjadi lebih baik  di dunia maupun di akhirat kelak.

One thought on “MENDULANG PRESTASI DAN KESERUAN PERINGATAN HARI GURU MTsN 3 PAMEKASAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *