MENGKAJI FENOMENA BLUE BLOOD MOON

Hari ini, tepat hari Rabu tanggal 31 Januari 2018, seperti yang telah viral dalam  beberapa hari atau bahkan beberapa minggu terakhir, sebagian Indonesia akan mengalami gerhana bulan total. Fenomena alam yang lebih dikenal dengan istilah Blue Blood Moon ini pernah terjadi 157 tahun yang lalu. Sungguh merupakan fenomena alam yang langka. Beruntung kita yang masih diberi nikmat hidup dan sehat oleh ALLAH SWT  mampu menjadi saksi peristiwa alam yang fenomenal.

Sholat gerhana berjamaah di musholla Al-Faroby

Islam memaparkan bahwa fenomena alam seperti gerhana, baik matahari ataupun bulan adalah fenomena alam yang memang dikehendaki oleh ALLAH SWT. Adanya gerhana adalah bukti kebesaran Ilahi, sehingga kita tidak sepantasnya berpaling dan bahkan mengaitkannya dengan musibah dan hal-hal mistis lainnya. Dalam surah Ar-Rahman :5 ALLAH SWT berfirman bahwa matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan.

Menyikapi munculnya fenomena alam diatas, MTsN 3 Pamekasan melaksanakan  sholat  gerhana yang dilaksanakan di musholla Al-Faroby. Program sholat gerhana adalah bentuk himbauan dari pihak madrasah kepada seluruh elemen madrasah, tetapi menjadi wajib bagi para penghuni asrama baik putra maupun putri. Hal ini seperti yang disampaikan oleh bapak Drs. Mohammad Saleh selaku kepala asrama putra dan putri MTsN 3 Pamekasan.

kekhusuan para peserta sholat gerhana berjamaah

Adapun bentuk kegiatan sholat gerhana berjamaah diawali dengan sholat magrib berjamaah, dzikir bersama, shalat gerhana berjamaah, khutbah sholat gerhana dan diakhiri dengan do’a bersama. Momen ini adalah momentum untuk menanamkan kesadaran para peserta didik khususnya akan kebesaran ALLAH SWT, serta menangkal hal-hal fiktif dan khayal tentang adanya gerhana. Dengan khutbah yang disampaikan oleh Bapak Drs. Mohammad Saleh sendiri membuka dan meluskan pengetahuan peserta didik akan kekuasaan ALLAH SWT.

Alhamdulillah kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai dengan harapan dan tidak menemui hambatan yang berarti. Bentuk kegiatan ini merupakan wujud kepekaan masyarakat MTsN 3 Pamekasan akan hal-hal yang sedang trend. Namun kepekaan tersebut diarahkan sebagai bentuk dakwah dalam menebar kebaikan dan mengabarkan tentang kekuasaan ALLAH SWT. Semoga apa yang disampaikan dalam kegiatan sholat gerhana berjamaah ini mendatangkan kebaikan bagi seluruh civitas MTsN 3 Pamekasan. Amin, ya robbal alamin.

Tinggalkan Balasan