MTsN 3 PAMEKASAN GELAR PILKASIS PERIODE 2017/2018

ByLutfi Rahman

MTsN 3 PAMEKASAN GELAR PILKASIS PERIODE 2017/2018

Pemilihan Ketua OSIS (PILKASIS) merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan di MTsN 3 Pamekasan. Ajang demokrasi tingkat pelajar ini bertujuan mengenalkan sekaligus menerapkan mekanisme kepemimpinan internal pelajar. Aktifitas berdemokrasi telah diajarkan sejak para peserta didik masih di bangku madrasah. Kegiatan yang sebenarnya adalah proses pengaplikasian nilai-nilai demokrasi yang jujur, adil dan damai.

Para peserta didik mengantri giliran pencoblosan PILKASIS

Proses PILKASIL sendiri telah melewati beberapa tahapan, layaknya pemilihan Kepala Daerah. Dimulai dari tahap pembentukan panitia, pemutakhiran data pemilih, penetapan pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS, penyampaian visi dan misi kontestan serta masa kampanye pasangan calon.

Sebelumnya, Pembina OSIS selaku Ketua Komisi Pemilihan mengeluarkan surat edaran tentang kriteria calon ketua dan wakil keyua OSIS yang meliputi :

  1. Memiliki kecakapan intelektual dan sosial baik di dalam maupun di luar kelas.
  2. Mempunyai pengalaman menjadi pemimpin ( setidaknya pernah menjabat sebagai ketua kelas atau perangkat struktural kelas).
  3. Tidak pernah melanggar tata tertib madrasah (bebas dari point pelanggaran)
  4. Berkepribadian baik, santun dan mudah bersosialisasi.
  5. Memiliki jiwa kepemimpinan yang bijaksana dan bersahaja.

Suasana pencoblosan PILKASIS MTsN 3 Pamekasan

Panitia pemilihan membantu kelancaran PILKSIS 2018

Penyematan tanda telah melakukan pencoblosan

Kegiatan PILKASIS yang digelar di halaman utama MTsN 3 Pamekasan pada hari Sabtu, 27 Januari 2018 jam 08.00 wib dan berakhir pada jam 11.00 wib menghasilkan satu pasang ketua dan wakil ketua OSIS yang baru. Pasangan terpilih ini akan mengabdikan dan mendedikasikan jiwa raga hingga satu tahun ke depan. Adapun pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS sebagai berikut :

  1. VERONIKA AGUSTIN dan JAMILAH
  2. GUSTI HERLAMBANG dan AZWAR ANAS
  3. AKMALUL UMAM dan MOHAMMAD ROMZY
  4. RIZKI ARAFAT dan ATIKOTUL MAULA

ketegangan para kontestan PILKASIS MTsN 3 Pamekasan

Para kandidat tersebut akan memperebutkan sekitar 1.200 hak suara, yang tersebar dari kelas VII, VIII, IX dan kelas PDCI. Namun demikian pesta demokrasi kecil yang terselenggara atas petunjuk dan arahan WAKA KESISWAAN MTsN 3 Pamekasan ini berlangsung secara fair, demokratis dan damai. Hal ini adalah perwujudan bahwa para kontestan dan partisipan telah mulai memahami makna berdemokrasi yang sehat dan profesional.

Proses penghitungan suara

semarak proses penghitungan suara

Tepat pada jam 11.00 wib, ketua panitia pemilihan melakukan penghitungan dan rekapitulasi suara yang dilanjutkan dengan pembacaan pengumuman hasil rekapitulasi tersebut. Akhirnya, pasangan nomor urut 3 yaitu ananda AKMALUL UMAM dan MOHAMMAD ROMZY berhasil memenangkan PILKASIL di awal tahun 2018 ini dengan jumlah suara mutlak. Pasangan no 3 ini mampu mendulang suara sebanyak 568 suara diikuti oleh pasangan no 2 dengan 95 suara.

Hasil penghitungan suara

ucapan selamat dari ketua OSIS sebelumnya

ucapan selamat dari Waka Kesiswaan, Bapak Suprapto

Semoga dengan terpilihnya pasangan ketua dan wakil ketua OSIS yang baru ini, mampu mengembangkan ide dan menunjang terbentuknya suasana yang kreatif dalam lingkungan madrasah. Terdapat banyak tugas yang perlu menjadi fokus pencapaian dari pasangan terpilih ini ke depannya. Sebagai ketua dan wakil ketua OSIS yang baru, wajib menciptakann suasana team work yang harmoni dan bersinergi dalam internal keorganisasian OSIS MTsN 3 Pamekasan. Harapan dan do’a yang lain tentunya mengharap agar pasangan yang baru terpilih ini mampu menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, disiplin dan menjadi panutan para peserta didik lainnya.

Ucapan selamat dari Ibu Ira

Sesi foto bersama panitia dan Waka Kesiswaan

 

pasangan terpilih bersama bapak Syarif, S.Pd

Tentang Pengarang

Lutfi Rahman author

Tinggalkan Balasan