MTsN 3 PAMEKASAN menjadi MTs Unggulan Bidang Akademik

Dalam beberapa tahun terakhir, Kementerian Agama Republik Indonesia terbilang banyak sekali melakukan terobosan-terobosan yang signifiklan dalam membenahi kelembagaannya. Reformasi birokrasi dan konstitusi yang ditetapkan menjadikan Kementerian ini semakin profesional. Salah satu bentuk inovasi dan reformasi tersebut dapat jelas terlihat di bidang pendidikan, karena seperti yang kita ketahui, Kementerian Agama juga membawahi lembaga pendidikan dari yang paling dasar hingga ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Untuk meningkatkan daya saing madrasah di tengah tengah dunia pendidikan di tanah air, maka  diterbitkanlah Keputusan Menteri Agama Nomor 184 tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah yang kemudian ditindak lanjuti dengan diterbitkannya Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 1834 Tahun 2021 tentang penetapan Madrasah Unggulan bidang Akademik Tahun 2021.

Hasil dari keputusan Dirjen PENDIS menentapkan bahwa MTsN 3 Pamekasan menjadi salah satu Madrasah Unggulan di bidang Akademik untuk tingkat MTs bersama 32 MTs lainnya di Indonesia. Untuk Provinsi Jawa Timur sendiri, terdapat sembilan MTs  yang termasuk sebagai Madrasah Unggulan di bidang Akademik.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah karena tentunya reward ini sejatinya merupakan bentuk apresiasi Kementerian Agama terhadap kerja keras  dan raihan-raihan dari MTsn 3 Pamekasan selama ini. Penetapan Keputusan ini tentunya telah melalui beberapa proses seleksi serta cek dan ricek. Berada dalam kategori MTs Unggulan di bidang Akademik bersama 32 MTs se Indonesia bukanlah suatu hal yang receh dan remeh temeh, karena ke 33 MTs ini dipandang memang memiliki kualitas yang bagus di bidang akademik yang terukur, akuntable dan terpantau.

Perlu juga disampaikan, bahwasanya sebelum menyandang predikat MTs Unggulan di bidang Akademik, MTsN 3 Pamekasan juga telah memproklamirkan sebagai Madrasah Edukotorism, dimana konsep Edukotorism tersebut baru satu-satunya di Indonesia.

Kedepan, mari amanat dari reward ini harus kita pertahankan, tentunya dengan peningkatan mutu kualitas pendidikan, pelayanan dan prestasi-prestasi di bidang akademik. Segala sesuatu yang dikerjakan maksimal, pasti menghasilkan sesuatu yang optimal pula. Sekali lagi penghargaan dan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh civitas MTsN 3 Pamekasan. Penghargaan ini merupakan milik kita bersama. Bravo MTsN 3 Pamekasan. Prestasi, sudah pasti Tradisi !!

Tinggalkan Balasan