PLENO KURIKULUM OPERASIONAL MADRASAH

Pada hari ini, Rabu 13 Juli 2022, MTsN 3 Pamekasan menggelar rapat Pleno tentang Kurikulum Operasional Madrasah sekaligus persiapan Tahun Pelajaran 2022/2023. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula MTsN 3 Pamekasan ini merupakan rangkaian akhir dari proses yang cukup panjang dalam mempersiapkan diri menyongsong tahun pelajaran 2022/2023 yang akan datang. Agenda kali ini menjadi berbeda dari kegiatan rutin saat menyongsong tahun ajaran baru seperti tahun-tahun sebelumnya karena untuk tahun ajar yang akan datang MTsN 3 Pamekasan sudah memutuskan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka seperti yang digagas oleh pemerintah.

Rapat pleno ini tentu sebagai acuan dalam mengecek sampai sejauh mana ketercapaian segala sesuatu yang berkaitan dengan penerapan kurikulum baru nantinya. Setiap divisi dalam penyususnan Kurikulum Operasional Madrasah melaporkan progres dari apa yang telah mereka lakukan selama ini. Perlu disampaikan juga bahwa dengan ditetapkannya Kurikulum Merdeka pada tahun ajar yang akan datang menyebabkan seluruh energi civitas MTsN 3 Pamekasan tercurah pada Kurikulum Merdeka ini.

Semua dewa guru selama libur akhir tahun ini dituntut untuk memahami betul Kurikulum Merdeka ini. tak heran dalam prosesnya, kesibukan semua guru nampak nyata. Kolaborasi dan diskusi para guru berlangsung pada kegiatan MGMP di masing-masing mata pelajaran. Untuk memahami kurikulum ini, MTsN 3 Pamekasan beruntung memiliki guru-guru yang juga peka dengan fenomena yang terjadi di dunia pendidikan.

Langkah MTsN 3 Pamekasan dalam menyongsong Kurikulum Merdeka boleh dibilang rampung. Dengan pleno membuktikan bahwa segala hal yang dibutuhkan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka telah dilengkapi. Meski mungkin apa yang telah dilakukan oleh guru-guru di MTsN 3 Pamekasan belum sempurna, tetapi setidaknya civitas MTsN 3 Pamekasan dapat memahami bahwa yang sudah dipersiapkan benar-benar mewakili keberadaan dan kekhasan MTsN 3 Pamekasan. Kurikulum yang lebih fleksibel ini memberi ruang bagi madrasah untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki serta memberi ruang dalam menentukan arah kebijakan demi pengembangan mutu pendidikan. Sambutan baik yang ditunjukkan oleh MTsN 3 Pamekasan dalam menyongsong Kurikulum Merdeka yaitu dengan komitmen dalam melaksanakan kurikulum ini dengan penuh tanggungjawab. Semoga apa yang sudah dikerjakan dan dipersiapkan MTsN 3 Pamekasan mampu memberi kebaikan bagi semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7  +    =  12