1000 pohon untuk bumi

ByLutfi Rahman

1000 pohon untuk bumi

Alhamdulillah, tepat pada tanggal 22 april 2016 yang lalu, civitas MTs Negeri Sumber Bungur Pamekasan mengadakan kegiatan peduli lingkungan dalam rangka memperingati hari Bumi sedunia. Adapun aksi tersebut adalah dengan gerakan aksi tanam 1000 pohon di lingkungan madrasah dan di wilayah lingkungan sekitar madrasah.

Aksi Tanam 1000 Pohon sesuai dengan visi madrasah yaitu Berakhlaqul mulia, Unggul dalam Prestasi dan Berwawasan lingkungan. Kegiatan ini merupakan wujud implementasi visi madrasah untuk mencetak generaasi yang Berwawasan Lingkungan. Sasaran utama kegiatan ini tentunya para peserta didik MTs Negeri Sumber Bungur dan elemen-elemen dalam Madrasah.

8 2 7

Kegiatan ini langsung dibuka oleh Kepala Madrasah, H. Mohammad Holis, S.Ag.,M.Pd di lapangan Madrasah, pada jam 07.30 WIB. Seluruh civitas Mts Negeri Sumber Bungur terlibat langsung dalam kegiatan ini. Ada sekitar 1500 bibit pohon yang ditanam dalam gerakan ini. Bibit-bibit pohon tersebut diperoleh dari bantuan pihak Dinas Perhutani dan Perkebunan Kab. Pamekasan, para Kepala Desa di sekitar Kecamatan Pakong, yaitu dari Kepala Desa Somalang, Pakong, Bicorong dan Bendungan. Para peserta didik juga ikut serta aktif dalam kegiatan ini dengan membawa sekitar 1100 bibit pohon.
Adapun tujuan dari kegiatan ini seperti yang disampaikan oleh kepala Madrasah adalah untuk memberikan pembelajaran bagi para peserta didik untuk sadar lingkungan, belajar beramal karena dengan menanam pohon, jika pohon tersebut nantinya memberi manfaat bagi orang lain, maka itu terhitung sebagai sedekah. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah dengan menanam pohon, maka akan meningkatkan kadar oksigen dan menjaga ketersediaan air di lingkungan kita.

Ketua pelaksana yang bertanggung jawab dalam kegiatan ini adalah bapak Drs. Mohammad Saleh, S.Pd. beliau memaparkan bahwa latar belakang diadakannya kegiatan ini adalah untuk menggugah kepedulian dan kesadaran kaum muda terutama para peserta didik yang ada di madrasah untuk melindungi dan menjaga kelestarian lingkungan. Seperti yang telah kita ketahui, dewasa ini kita dihadapkan pada permasalahan global warming, yang jika dibiarkan, maka dampak yang ditimbulkan nantinya akan sangat merugikan baik dari sisi kesehatan ataupun bagi dampak lingkungannya. Efek dari kegiatan ini mungkin tidak bisa kita rasakan dalam hitungan satu atau dua hari kedepan, namun untuk masa yang akan datang. Beliau juga berharap agar aksi semacam ini juga dapat dicontoh dan dilakukan oleh semua lapisan masyarakat, bukan hanya yang ada di sekitar madrasah, namun juga di seluruh negeri ini.

5 3 1 compres

Aksi Tanam 1000 Pohon ini mendapat apresiasi dan respon positif dari para peserta didik. Seperti yang disampaikan oleh ananda R. Muh Alif Akbar dari kelas 7 PDCI yang menyatakan bahwa dengan aksi ini dapat memotivasi dirinya untuk bisa lebih menyayangi lingkungan. Hal senada juga disampaikan oleh ananda Alvi Layla Hartono dari kelas 9 PAI yang merasa senang dengan kegiatan ini, dan berharap agar kegiatan ini dapat memotivasi para remaja untuk lebih bisa melestarikan lingkungannya.

Oleh : Lutfi Rahman

Tentang Pengarang

Lutfi Rahman author

Tinggalkan Balasan