AUDIT KINERJA “PENYELENGGARAAN MADRASAH UNGGULAN” di MTsN 3 PAMEKASAN

Dari tahun ke tahun, MTsN 3 Pamekasan selalu melakukan progres menuju perbaikan mutu dan layanan publik. Tak heran jika pada beberapa saat yang lalu, MTsN 3 Pamekasan diakui sebagai salah satu Madrasah dengan kategori unggulan bidang akademik. Predikat baru yang disandang MTsN 3 Pamekasan ini tentu berdampak pada perbaikan dan peningkatan mutu lembaga. Saat ini, lembaga ini layak untuk disejajarkan dengan madrasah-madrasah favorit lain yang tersebar di nusantara. Untuk itu, kita sudah sepatutnya bangga karena di daerah terpencil yang jauh dari kota, ada sebuah lembaga pendidikan yang mampu mensejajarkan posisinya dengan madrasah atau sekolah unggul lainnya.

Konsekuensi pengakuan sebagai madrasah unggulan bidang akademik yang dipercayakan kepada MTsN 3 Pamekasan mengantarkan tim audit Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia untuk memantau langsung lembaga ini, meski jarak yang ditempuh oleh tim audit sangatlah jauh. Sebanyak lima orang tim audit akan melaksanakan audit kinerja 2.0 terkait penyelenggaraan madrasah unggulan di MTsN 3 Pamekasan. Tim yang dikomandani oleh bapak Dadang diagendakan akan melaksanakan audit dari tanggal 24 September sampai 02 Oktober 2021. Adapun anggota lain dari tim audit yaitu bapak Slamet Susanto, bapak Zukarnaen, bapak M. Rancah Dewa, dan bapak Arif Rosyadi.

Kedatangan tim audit disambut baik oleh seluruh warga madrasah.  Setelah perkenalan tim audit langsung bergerak cepat dengan melaksanakan serangkaian wawancara maupun investigasi berkas terkait dengan tupoksi pengelola madrasah dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.

Suasana keakraban tersaji dalam kegiatan audit kali ini, sehingga kesan menegangkan dan ketakutan tidak nampak dalam pelaksanaan audit. Pembawaan tim audit yang cair menjadikan mereka menjadi sosok yang humble.

Semoga pelaksanaan audit oleh tim audit Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia dapat berjalan dengan lancar serta menjadi evaluasi bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan