Dua Peserta Didik MTsN 3 Pamekasan Lolos ke KSN Provinsi

Kabar gembira kembali diterima oleh seluruh civitas MTsN 3 Pamekasan, pasalnya pada hari yang berbahagia ini, kembali putra-putra terbaik MTsN 3 Pamekasan mempersebahkan kebanggaan sekaligus kebahagiaan dengan ditetapkannya ananda Ayn Al Qodiy Zikri Rahullah dan Mohammad Anas menjadi peserta yang lulus seleksi KSN tahap 1 atau seleksi tingkat Kabupaten/Kota. Mereka berhak dan berkesempatan untuk melanjutkan tren positif ini di tingkat Provinsi nantinya. Ada lima peserta didik yang  mewakili Kabupaten Pamekasan di level Provinsi nantinya. Dan, Alhamdulillah dua dari lima anak yg akan mewakili Pamekasan berasal dari MTsN 3 Pamekasan.

KSN adalah ajang pencarian dan seleksi  kemampuan akademik dari peserta didik di bidang mata pelajaran Matematika, Sains dan IPS. KSN merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika, IPA dan IPS. KSN sendiri sejatinya merupakan program pemerintah yang dulunya bernama OSN atau Olimpiade Sains Nasional.

KSN sendiri adalah kegiatan tahunan yang diselengarakan oleh Kementerian Pendidikan  Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi . Untuk penyelenggara ajang tahunan ini adalah Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Seleksi tahap 1 KSN adalah proses seleksi di tingkat kabupaten/kota dimana lima unggulan terbaik nantinya yang akan melanjutkan mewakili kabupaten Pamekasan di level yang lebih tinggi, yaitu di tingkat Provinsi Jawa Timur. Dalam seleksi tahap 1 ini, tercatat 57.845 peserta yang turut ambil bagian di hampir semua wilayah di Indonesia.

Ananda Ayn dan Anas merupakan peserta didik kelas 7 dan 8 di MTsN 3 Pamekasan. Capaian ananda Ayn dalam KSN kali ini merupakan hal yang sudah diprediksikan sebelumnya, mengingat prestasi ananda Ayn di bidang sains sudah cukup banyak, baik dari level Kabupaten/Kota sampai level internasional. Adapun ananda Mohammad Anas merupakan anak yang berasal dari kecamatan Pragaan – Sumenep.  Kejutan ini terasa sangat membanggakan, karena MTsN 3 Pamekasan telah menemukan generasi penerus dari ananda Ayn.

Apresiasi dan reward yang setinggi-tingginya perlu juga disampaikan kepada pembina KSN tahun ini, terutama untuk mapel IPA. Bapak Abu Bakar merupakan sosok sentral dibalik suksesnya MTsN 3 Pamekasan meraih juara untuk bidang sains. Sudah tidak terbilang, berapa kali beliau mencetak generasi bintang  sampai sejauh ini. Istilah Champion Maker cocok kiranya disematkan kepada Bapak Abu Bakar, karena berkat keihlasannya, kesabaran dan bimbingannya melahirkan generasi-generasi tangguh yang berprestasi.

Mohon doa serta supportnya, agar untul level provinsi nanti, ananda Ayn dan Anas dapat menjawab soal quiz dengan tepat.

Tinggalkan Balasan