KPPN PAMEKASAN BERI PENGHARGAAN KEPADA MTsN 3 PAMEKASAN

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kabupaten Pamekasan memberikan penghargaan kepada MTsN 3 Pamekasan dalam keikutsertaannya dalam Kegiatan End User Training SAKTI 2021. Penghargaan ini diberikan kepada MTsN 3 Pamekasan karena telah menyelesaikan dua Modul dengan sangat memuaskan. Modul yang diselesaikan oleh Bapak Khairil Anwar sebagai delegasi MTsN 3 Pamekasan yaitu Modul Pelaksanaan dan Modul Pelaporan. Untuk Modul Pelaksanaan, Bapak Khairil mampu mendapat nilai prosentase ketuntasan sebesar 95,24%, sedang untuk Modul Pelaporan beliau mampu mendulang poin prosentase ketuntatasan sempurna, yakni 100%. Jadi total prosentase kentutasan MTsN 3 Pamekasan adalah sebesar 97,62%.

Sistem Palikasai Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana bagi Satuan Kerja (Satker) dalam mendukung implementasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran.

Di masa modern seperti sekarang, pengelolaan keuangan melalui aplikasi sudah menjadi kebutuhan. Hal ini dilaksanakan untuk mencegah dan meminimalisir bocornya anggaran serta pengelolaan yang bersifat akuntable dan dapat dipertanggungjawabkan. Jika di masa lalu, untuk menjadi seorang pengelola keuangan dari suatu instansi hanya dibutuhkan pribadi yang jujur dan amanah, maka di era digital seperti sekarang, kemampuan yang tadi perlu juga didukung dengan sifat terbuka, up to date dan peka dengan perkembangan IT, terutama berkaitan dengan sistem pelaporan keuangan digital.

Dari capaian yang ditorehkan oleh Bapak Khairil Anwar, tentu menjadi suatu kebanggaan kita bersama, mengingat dari 95 peserta yang mewakili satkernya masing-masing se Madura, wakil dari MTsn 3 Pamekasan menjadi yang paling unggul. Dari capaian tersebut tentu menjadi isyarat, bahwa, MTsN 3 Pamekasan memiliki kapabilitas yang lebih dari cukup dalam mengelola keuangannya sendiri. Kali ini, MTsN 3 Pamekasan sudah 97,62% tuntas memahami dan menerapkan Sistem Aplikasai Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) dalam kegiatan End User Training 2021. Selanjutnya apa yang sudah dipelajari dan diperoleh dalam kegiatan training, dapat langsung diterapkan dalam pengelolaan yang sesunggunya. Semoga capaian ini benar-benar memberi manfaat kepada MTsN 3 Pamekasan.

Tinggalkan Balasan