CUKUP 1 PUTARAN, PASLON 03 RAUP SUARA TERBANYAK DALAM PILOSIM TAHUN 2023

Pemilihan OSIM MTsN 3 Pamekasan yang terintegrasi dalam program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil-‘Alamin (P5P2RA) bertajuk ‘Suara Demokrasi’ merupakan acara puncak dari rangkaian tahapan sebelumnya yang outputnya sebagai produk pembelajaran bagi seluruh siswa. Sebelumnya, panitia telah menetapkan tiga pasangan calon yang akan berlaga di panggung demokrasi, mereka adalah M. Royhan Abrori dan Zidqi Araniri Nomor urut 01, Moh. Nauvan Ali Khadafi dan Ardi Prawira N.B nomor urut 02, dan Shafa Auliya Afandi dan Delila Ali Humairah nomor urut 03. Pemungutan suara dan dilanjutkan dengan penghitungan suara digelar di halaman utama madrasah Senin, 18 Desember 2023 mulai pukul 07.00 dan berakhir pukul 11.45 WIB.

Pemilihan OSIM kali ini tak ubahnya seperti pemilu nasional dimana semua komponen serta logistik pemilihan telah dipersiapkan mulai dari pembentukan KPPS, setting TPS, DPT, Surat Suara, Bilik Suara, Tinta, Paku dan administrasi lainnya, inilah bentuk pembelajaran bagi siswa sehingga mereka bisa tahu tugas da tanggungjawab KPPS, mengenal macam-macam logistik pemilihan, tata cara menggunakan hak pilih serta ketentuan lainnya.

Pelaksanaan pemungutan suara dibuka tepat pukul 07.00 WIB yang diawali dengan pembacaan tata tertib pemilihan serta pengambilan sumpah bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dipimpin oleh ketua KPPS Tegar Maharaja Sakti, sedangkan penghitungan suara dimulai pukul 10. 00 wib dan berakhir pukul 11.45 wib, kegiatan tersebut berjalan tertib, aman dan kondusif.

Kepala madrasah, Malik Rasyidi sedikit memberikan edukasi dan arahan kepada seluruh panitia yang bertugas untuk tetap memegang prinsip demokrasi yang jujur, adil, terbuka, akuntabel dan berintegritas serta menjunjung tinggi netralitas, selanjutnya beliau diperkenankan memberikan hak suaranya sebagai pembuka dan kemudian diikuti seluruh jajaran wakil kepala madrasah. Saat menerima surat suara dari petugas beliau melambaikan surat suara tersebut menuju bilik suara sembari mengajak seluruh warga madrasah ‘Ayo hadir ke TPS, jangan golput ya’, pintanya.

Penghitungan suara pemilihan OSIM masa bakti 2023-2024 disaksikan langsung oleh seluruh warga madrasah dan dihadiri saksi masing-masing calon, acara tersebut  berlangsung tertib tidak ada aksi protes dan keributan dari masing-masing pendukung calon. Kesempatan perdana untuk membuka dan membacakan surat suara pertama diberikan kepada Wakil Kepala Madrasah bidang akademik Guntur Ilmiawan mewakili Waka Kesiswaan yang berhalangan hadir. Menurutnya, pemilihan OSIM kali ini benar-benar luar biasa hampir tidak ada bedanya dengan pemilu nasional, siapapun nantinya yang terpilih bisa memberikan kontribusi positif bagi kemajuan madrasah serta mampu menjalankan amanah, harapannya.

Pasangan nomor urut 03 berhasil memperoleh suara terbanyak mengalahkan dua pangan calon lainnya. Berikut rincian perolehan suara masing-masing pasangan calon dalam pemilihan OSIM tahun 2023.

Nomor Urut 01 Pasangan (M. Royhan Abrori dan Zidqi Araniri) meraih 91 suara;

Nomor Urut 02 Pasangan Moh. Nauvan Ali Khadafi dan Ardi Prawira N.B meraih 213 suara;

Nomor Urut 03 Pasangan Shafa Auliya Afandi dan Delila Ali Humairah meraih 263 suara dan suara tidak sah sebanyak 12.

Elektabilitas suara pasangan calon nomor urut 03 unggul diatas angin pasca pemaparan visi-misi dan debat kandidat. Alya dan Delila sapaan akrabnya, pasangan calon terpilih saat ditemui di lokasi TPS mengaku puas dan senang bisa memenangkan kontestasi ini, hal ini berkat kerja tim yang solid dan aktif dalam menarik simpati pemilih. Ia bersama jajarannya nanti memperioritaskan kebersihan dan keasrian lingkungan madrasah sebagai program yang utama, Tuturnya. Setelah empat bulan lamanya menjalani berbagai tahapan, Tegar Maharaja Sakti selaku ketua panitia merasa plong dan senang tahapan akhir dari pemilihan OSIM ini dapat berlajan lancar dan sukses, terlebih lagi tingkat kehadiran pemilih cukup tinggi mencapai 80 persen. Sementara itu, Subairi selaku pembina OSIM dan bertindak sebagai Ketua Komisi Pemilihan OSIM sangat mengapresiasi kepada seluruh warga madrasah utamanya Kepala Madrasah, jajaran Wakil Kepala Madrasah, Tim P5P2RA yang turut berpartisipasi aktif mensukseskan program P5P2RA dengan tema “Suara Demokrasi” yang dikemas dalam Pemilihan OSIM, semoga ini menjadi pelajaran berharga bagi seluruh siswa dalam menjalani kehidupan berdemokrasi. Akhirnya, Selamat bagi sang pemenang. [Subairi, S. Hum]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6  +  3  =