MENTELADANI AKHLAQ NABI MUHAMMAD SAW DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

ByLutfi Rahman

MENTELADANI AKHLAQ NABI MUHAMMAD SAW DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

Bulan Rabiul Awal dalam kalender Hijriah atau bulan Maulid begitu orang Madura menyebutnya, merupakan salah satu bulan yang istimewa bagi masyarakat Madura. Di bulan ini, sebagian besar masyarakat Madura melaksanakan peringatan kelahiran junjungan Nabi Besar Muhammad SAW. Bagi masyarakat Madura, peringatan ini merupakan wujud syukur kehadirat Allah SWT karena telah mengutus Nabi terbaik dari seluruh makhluk, Nabi Muhammad SAW.

Sambutan sekaligus prakata dari Kepala MTsN 3 Pamekasan

Madrasah Negeri 3 Pamekasan beserta seluruh civitas didalamya, pada tanggal 30 November 2017, bertempat di Masjid Ponpes Sumber Bungur Pakong, ikut melaksanakan peri ngatan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sekitar lebih dari 1200 peserta didik MTsN 3 Pamekasan, beserta para guru dan petugas TU ikut meramaikan kegiatan yang diisi dengan penyampaian tausiah oleh KH. Alawi Faqih.

Banyak hal yang disampaikan dalam tausiah tersebut, terutama bagaimana kemuliaan sosok Nabi Muhammad SAW dalam tingkah lau dan perkataan beliau sehari-hari, sehingga sudah sepatutnya jika sosok yang semestinya kita teladani, kita panuti,dan layak kita tiru adalah sosok Nabi Muhammad Saw. Adanya degradasi moral akhir-akhir ini salah satu penyebabnya adalah,  para pelaku kegiatan amoral tersebut tidak memiliki sosok yang bisa mereka teladani.  Hati dan jiwa mereka seakan-akan disekat oleh tembok dosa yang menghalangi nur kasih sayang dan kebaikan Baginda Rasul, Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini, dijadikan cara dalam menggali potensi-potensi kebaikan universal yang dapat diterapkan pada kehidupan nyata. Hal ini sangat penting agar nilai-nilai luhur bangsa yang sebenarnya berakar pada nilai-nilai agama dapat menjadi kekuatan bangsa ini dalam membentengi diri terhadap pengaruh buruk atau dampak negatif era globalisasi.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad s a w tahun ini, merupakan wujud kerjasama MTsN 3 Pamekasan dengan teman-teman mahasiswa STAIN Pamekasan yang sedang melaksanakan PPL dan magang. Kegiatan ini sekaligus menutup kegiatan PPL dan Magang yang telah mereka laksanakan selama 40 hari. Tentunya banyak hal yang telah teman-teman mahasiswa dapat selama kegiatan PPL dan Magang, baik yang menyedihkan atau yang menyenangkan. Semoga apa yang mereka dapat dari MTsN 3 Pamekasan menambah khazanah keilmuan mereka sehingga lebih percaya diri dalam menyelesaikan studi mereka nantinya. Kami, mewakili Keluarag Besar menyatakan selamat dan sukses bagi teman-teman mahasiswa yang telah berperan aktif dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad swt  kali ini serta selama 40 hari bekerjasama  baik dengan madrasah. Tak lupa juga kami atas nama MTsN 3 Pamekasan mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya pada para mahasiswa  yang terlibat dalam kegiatan PPL dan magang jikalau terdapat kekeliruan selama ini.

Tentang Pengarang

Lutfi Rahman author

Tinggalkan Balasan