MTsN 3 PAMEKASAN GELAR ISTIGHASAH DALAM PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM

Dalam rangka menyambut tahun baru Hijriyah, setiap tahun biasanya terselenggara berbagai macam acara untuk memeriahkannya. Hampir semua lembaga Islam baik formal maupun non formal menggelar berbagai kegiatan untuk menyambut datangnya tahun baru Islam. Bertempat di lapangan MTsN 3 Pamekasan, maka pada hari ini, Sabtu 22 Juli 2023 civitas MTsN 3 Pamekasan melaksanakan kegiatan Istighasah dan Doa bersama dalam rangka memperingati tahun baru Hijriyah 1 Muharram 1445 H.

Kegiatan yang diawali dengan lantunan sholawat dan pembacaan Kalam Ilahi ini dihadiri oleh seluruh civitas MTsN 3 Pamekasan. Kegiatan dilaksanakan pada jam 06.45 wib agar menghindari panas terik matahari yang di masa-masa sekarang sedang mencapai titik panasnya. Dengan begitu, kegiatan bisa berakhir di saat matahari masih belum terasa menyengat di badan. Di bawah koordinasi Kanit Keagamaan MTsN 3 Pamekasan, kegiatan terlaksana sesuai dengan rencana.

Meski pelaksanaan peringatan Tahun Baru Hijriyah kali ini sederhana, namun tidak menghilangkan esensi utama dan nilai-nilai religis dari tahun baru itu sendiri. Semangat untuk menjadi lebih baik di hari-hari mendatang merupakan hal yang harus selalu tumbuh di hati kita, apalagi tahun baru Islam tahun ini bersamaan dengan masa awal tahun  pelajaran dimana pada masa-masa ini terjadi proses adaptasi peralihan peserta didik dari awalanya sebagai murid Sekolah Dasar sekarang naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Menjadi suatu kerugian jika di masa-masa mendatang, kita masih terkungkung dalam hal, keadaan, status dan kegiatan yang itu-itu saja. Tidaka ada peningkatan yang signifikan. Oleh karenanya, semangat tahun baru ini hendaknya menjadi pemicu agar kita semua berubah menjadi lebih baik dan memberi manfaat bagi sekitar. Hal inilah yang menjadi pesan dari tausiyah yang disampaikan oleh Kiai Moh. Ali Hisyam saat menjadi penceramah dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan diakhiri dengan pembacaan doa bersama dan setelah itu, seluruh peserta meninggalkan lapangan MTsN 3 Pamekasan dengan tertib. Semoga ada hikmah yang dapat dipetik dalam peringatan Tahun Baru Islam di MTsN 3 Pamekasan kali ini. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

36  +    =  37