MTsN 3 Pamekasan sabet Juara 1 KSM 2021 Tingkat Kabupaten

Salah satu peserta didik MTsN 3 Pamekasan kembali mengharumkan nama madrasah dengan mempersembahkan gelar juara pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten dalam bidang studi IPA Terpadu Terintegrasi.

KSM sendiri merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Kompetisi Sains Madrasah pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012. Awalnya kompetisi dilaksanakan dengan cara konvensional, namun sejak tahun 2018 proses pendaftaran, seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes dilaksanakan dengan memanfaatkan Information technology (IT).

Peserta dari Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah perwakilan dari Satuan Pendidikan baik dari madrasah (MI, MTs, MA) maupun dari Sekolah (SD, SMP, SMA/ Sederajat). Adapun bidang yang dilombakan, Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi bagi tingkat MI/ SD. Sedangkan bagi tingkat MTs/ SMP, bidang yang dilombakan adalah Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi. Untuk tingkat MA/ SMA; Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.

Dalam pelaksanaan KSM terdapat beberapa tahapan sebelum mendapatkan juara KSM nasional. Tahapan pertama adalah KSM Satuan Pendidikan, ditahap ini setiap satuan pendidikan melaksanakan seleksi terhadap para peserta didiknya sehingga mendapat nama peserta didik-peserta didik yang layak untuk mewakili madrasah dalam KSM Kabupaten/ Kota. KSM Satuan pendidikan dilaksanakan pada tanggal 21-30 Juni 2021.

Tahapan selanjutnya, Satuan Pendidikan mendaftarkan para peserta didik terpilih ke panitia KSM Nasional melalui aplikasi KSM. Pendaftaran KSM Kabupaten/ Kota diselenggarakan pada tanggal 5-26 Juli 2021.

Selesai tahapan pendaftaran, para peserta melalui tahapan  Ujicoba KSM Kabupaten/ Kota. Ujicoba KSM Kabupaten/ Kota dilaksanakan pada tanggal 14 – 16 Agustus 2021 secara daring. Selanjutnya pada tanggal 21- 23 Agustus 2021 diselenggarakan KSM Kabupaten/ Kota.

Pada tanggal 28 Agustus 2021 terbitlah Pengumuman Pemenang KSM Kabupaten/ Kota. Dalam pengumuman tersebut, nama salah satu peserta didik MTs N 3 Pamekasan, Ayn Al Qodiy Zikri Rahullah, keluar sebagai Juara I Bidang Studi IPA Terpadu Terintegrasi.

Pencapaian terbaik ini bukan yang pertama bagi Ananda Ayn Al Qodiy Zikri Rahullah. Sebelumnya ia telah beberapa kali menggoreskan prestasi dan mengharumkan nama MTs N 3 Pamekasan. Untuk mendapatkan apa yang telah ia raih bukanlah perkara mudah. “Proses tidak akan menghianati hasil, dengan kedisiplinan, ketekunan, dan keuletan  yang ia miliki Ananda Zikri layak mendapatkan semua prestasi yang selama ini ia raih.” Ucap Bapak Abu Bakar selaku pembimbing Bidang Studi IPA. Beliau menambahkan, “Semoga Ananda Zikri dapat mempertahankan dan meningkatkan konsistensinya sehingga mendapat hasil terbaik dalam KSM Provinsi yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 – 20 September 2021 mendatang.”

Prestasi Ayn Al Qodiy Zikri Rahullah kiranya dapat dijadikan inspirasi dan motivasi bagi para peserta didik lainnya untuk terus mengembangkan diri. (written by Duwi Hartanti)

Tinggalkan Balasan