REVIEW KURIKULUM DAN PENGUATAN KELAS MAPEL 2021-2022

Program tahunan pembelajaran pendidikan kepada peserta didik, baru saja selesai dilaksanakan. Para peserta didik juga telah menerima catatan dan capaian pembelajaran mereka selama satu semester terakhir. Tentunya ada hal-hal yang perlu dipertahankan, ditingkatkan atau ditinggalkan untuk tahun ajaran selanjutnya. Review atas program dan kebijakan tentu sudah mulai dipersiapkan pula.

Merujuk kepada program kerja dan kebijakan dari MTsN 3 Pamekasan, maka pada tanggal 23 – 24 Juni 2021, dilaksanakan kegiatan “Review Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dokumen 1 dan Penguatan Kelas Mata Pelajaran 2021/2022”. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dilaksanaka di ruang Auditorium MTsN 3 Pamekasan serta didampingi pula oleh Pengawas dan Komite Pendidikan MTsN 3 Pamekasan.

Langkah ini diambil mengingat setelah ditetapkannya MTsN 3 Pamekasan sebagai MTs Unggulan di bidang Akademik, maka konsekuensinya adalah progress kebijakan dan kegiatan di bidang akademik khususnya yang harus senantiasa ditingkatkan. Peningkatan mutu di bidang akademik merupakan salah satu tanggung jawab serta keharusan dari madrasah ini kepada masyarakat sebagai bentuk pelayanan madrasah kepada masyarakat. Kepercayaan para wali santri untuk menitipkan putra-putrinya belajar di lembaga ini akan kami balas dengan pelayan yang optimal kepada para peserta didik, sehingga mereka dapat berkembang dan berprestasi sesuai bakat dan kemampuannya.

Kegiatan review tersebut melibatkan beberapa komponen sentral kebijakan di MTsN 3 Pamekasan. Selain unsur internal madrasah, kegiatan juga dihadiri oleh unsur eksternal seperti Pengawas dan Komite madrasah. Tidak semua guru dilibatkan dalam kegiatan kali ini, karena hanya mereka yang merupakan sosok penting yang dianggap mampu memberi kontribusi baik pikiran dan tindakan serta yang mampu menterjemahkan hasil kegiatan ini kepada guru-guru yang lain dengan cara yang lebih mudah saja yang diundang.

Peserta kegiatan dibagi dalam empat Komisi dengan tugas dan fungsi yang berbeda. Dimulai dari Komisi 1 bidang Kehumasan dengan Ketua Komisi bapak Mohammad Holis, S. Ag, Komisi 2 bidang Sarpras dengan Ketua Komisi bapak Moh. Taufiqurrahman, S. Pd, Komisi 3 bidang Kesiswaan dengan Ketua Komisi bapak Agus Budi Hariyanto, S. Pd, serta Komisi 4 bidang Kurikulum dengan Ketua Komisi bapak Moh. Ali Budi Hartono, S. Pd.

Selain mereview Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan tahun 2021, hasil dari kegiatan ini juga adanya beberapa kebijakan untuk penguatan kelas Mata Pelajaran sebagai salah satu implementasi Madrasah Edukotorism untuk tahun pelajaran 2021/2022 yang akan datang. Semua ini merupakan bentuk ikhtiar dari madrasah menyongsong tahun ajaran yang akan datang sebagai bentuk tanggungjawab kami dalam mempertahankan dan meningkatkan mutu MTsN 3 Pamekasan.

Tinggalkan Balasan