MUSABAQAH SANTRI ASRAMA DALAM PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Bulan Rabiul Awal merupakan salah satu bulan mulia yang bagi sebagian besar masyarakat Indonesia lazim dikenal dengan bula Maulid merupakan bulan dimana junjungan umat muslim Nabi Muhaammad SAW dilahirkan. Banyak aktifitas mewarnai peringatan kelahiran Nabi Muhammad Saw di bulan ini, demikian halnya dengan civitas MTsN 3 Pamekasan yang juga akan menyelanggarakan peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW nanti pada tanggal 26 September 2023.

Sebelum pelaksanaan Maulid pada tanggal 26 September, Civitas Asrama Putra/Putri Al Faroby MTsN 3 Pamekasan mengawali rangkaian kegiatan berupa perlombaan-perlombaan yang diikuti oleh para peserta didik asrama. Jenis lomba yang dilaksanakan yaitu lomba mata pelajaran, tahfidzul Qur’an, Aqidatul/Amtsi, Fahmul Kitab, Hadits Arbain dan Shalawat. Dibawah koordinasi pembina asrama Ali BudiHartono, acara perlombaan dilaksanakan mulai hari ini, Rabu 20 september 2023 sampai Senin 25 september 2023 dari jam 14.00 samapai dengan jam 22.00 wib. Pengaturan jadwal ini sudah diupayakan di luar jam efektif KBM, sehingga tentu tidak mengganggu KBM.

Untuk lokasi pelaksanaan Musabaqah ada di depan asrama putra Al-Faroby, dimana disediakan sebuah panggung tempat para peserta lomba nanti tampil. Menurut pembina asrama, jenis perlombaan yang dilaksanakan merupakan barometer sampai sejauh mana program-program pembiasaan di asrama dapat dipahami, diresapi dan diamalkan dalam keseharian para peserta didik. Tahfidzul Qur’an, Aqidatul/Amtsi, Fahmul Kitab, Hadits Arbain dan Shalawat merupakan program pembiasaan peserta didik asrama. Sedang untuk lomba mata pelajaran yang dilombakan merupakan pelajaran-pelajaran yang menjadi prioritas bimbingan mapel di asrama. Seperti IPA, IPS, Matematika, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Kegiatan Musabaqah diawali dengan opening berupa pemotongan pita oleh Pembina Asrama Ali Budi Hartono, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Jenis lomba yang akan dilombakan pada kesempatam malam ini yaituFahmul Kitab dan Hadits Arbain. Menurut Ali Budi Hartono, civitas peserta didik asrama putra dan putri sebanyak 198 anak, dimana dalam Musabaqah kali ini mereka semua terlibat. Harapan beliau semoga Musabaqah yang akan dilaksanakan selama sepekan kedepan dapat berjalan lancar dan sukses serta berkelanjutan di masa-masa berikutnya. Di ujung kegiatan Musabaqah nanti yakni di tanggal 25 September 2023 akan ada malam penghargaan bagi para pemenang pada masing-masing jenis lomba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  15  =  16