SILATURAHMI DAN SOSIALISASI PROGRAM ASRAMA MTsN 3 PAMEKASAN

Pada hari ini, Sabtu 09 September 2023 bertempat di ruang aula dilaksanakan kegiatan silaturahmi MTsN 3 Pamekasan dengan para wali santri yang putra atau putrinya tinggal di asrama madrasah. Kegiatan yang dilaksanakan dalam dua sesi ini dimulai dari jam 07.30 – 09.00 untuk para wali santri putra, sedang dari jam 09.00-11.00 adalah sesi untuk para wali santri putri. Selain kegiatan tersebut, dipaparkan juga program-program asrama serta pembiasaan yang diterapkan dan dilaksanakan oleh para peserta didik.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh kepala madrasah, Malik Rasyidi juga dihadiri oleh ketua komite, M Zaini, Kepala TU, para wakil kepala madrasah serta pembina asrama putra dan putri. Meski pelaksanaan kegiatan molor dari jadwal yang ditentukan, namun hal itu bisa dimaklumi mengingat para wali santri bukan hanya berasal dari daerah Pakong saja. Lebih dari 70% santri asrama berasal dari luar kecamatan Pakong, sehingga waktu dan jarak tempuh ke madrasah menjadi lebih lama.

Jumlah peserta didik yang tinggal di asrama saat ini baik putra dan putri berkisar 200 peserta didik. Dimana sekitar 80 peserta didik putra dan 120 peserta didik putri. Tentu dengan jumlah tersebut, pelayanan dan perhatian pengelola asrama harus optimal. Sebab peserta didik yang tinggal asrama merupakan amanat dari para wali santri kepada madrasah.

Dalam silaturahmi pagi ini disampaiakan beberapa program asrama antara lain kegiatan sholat tahajud bersama, sholat wajib berjamaah, kajian kitab, bimbingan mapel, tahfidz dan kegiatan ekstra seperti banjari. Pembiasaan dan program tersebut merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh peserta didik selama berada di asrama. Dalam pertemuan tersebut dibuka juga sesi sharing terutama para wali santri yang ingin menyampaikan masukan dan hal lainnya. Dari pertemuan tadi, para wali santri banyak memberi masukan kepada madrasah terkait dengan program dan macam kegiatan peserta didik di dalam asrama. Salah satu permintaan wali santri agar sosialisasi program dan kegiatan asrama dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran aktif di madrasah di mulai. Semua masukan dan kritikan para wali santri akan ditindaklanjuti oleh madrasah secepatnya dan akan dikoordinasikan internal agar pengelolaan asrama kedepan menjadi semakin baik dan memuaskan para wali santri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1  +  3  =