PENELITIAN DAN PEMBUATAN PRODUK OLEH TIM RISET  MTsN 3 PAMEKASAN

Terhitung sejak awal semeter 2 tahun ajaran 2021-2022 MTsN 3 Pamekasan melakukan inovasi dengan membuka program baru bernama kelas riset. Kelas atau ruang yang hanya terdiri dari 21 peserta didik tersebut memang dalam proses perekrutannya berdasar pada kemampuan sain dan bahasa dari para peserta didik di kelas/ruang sebelumnya serta peminatan dan ketertarikan para peserta didik dalam dunia sain. Di samping itu, peran orang tua juga dilibatkan dalam pengambilan keputusan sehingga pada akhirnya para peserta didik yang terekrut di ruang/kelas riset sudah mendapat restu dan support dari masing-masing orang tuanya.

Pada akhir bulan Maret kemarin, dari tanggal 30-31, MTsN 3 Pamekasan mendapat kunjungan dari tim Edu Riset Saintika Yogyakarta, sebagai wujud dari kerjasama yang telah disepakati yaitu berupa bimbingan baik virtual dan tatap muka langsung dalam upaya para peserta didik melakukan penelitian berbasis ilmiah yang pada akhirnya diharapkan mampu menghasilkan produk yang memiliki nilai konsumsi tinggi sehingga bermanfaat bagi masyarakat nantinya.

Tim riset saintika yang hadir sejumlah tiga orang yaitu mas Imam, Mbak Ratih dan Mbak Astuti. Ketiga orang ini kemudian memberikan pendampingan penuh pada tim riset MTsN 3 Pamekasan yang kemudian mengklasifikasikannya menjadi tujuh kelompok terdiri dari tiga peserta didik dalam setiap tim. Selanjutnya tujuh tim riset ini akan melakukan penelitian dan menhasilkan produk yang ekslusif dan memiliki nilai ekonomis.

Dari bocoran yang redaksi peroleh, menginformasikan bahwa salah satu produk yang akan dihasilkan nantinya berupa makanan ringan yang cocok bagi penderita diabetes. Disamping produk tersebut juga ada beberapa produk lain seperti sedotan yang ramah lingkungan dan saleb alami untuk luka. Tentunya informasi ini masih berupa awal, karena sangat dimungkinkan dalam perjalanan nantinya akan ada perubahan produk dan metode penelitiannya.

Selama tim riset Edu Saintika memberikan bimbingan dan pendampingannya, mereka juga didampingi oleh guru-guru dari MTsN 3 Pamekasan yang akan membantu dan memfasilitasi kebutuhan mereka beserta tim riset MTsN 3 Pamekasan sendiri.  Para guru yang mendapat kesempatan mendampingi adalah Bapak Mukhlis selaku guru Bahasa indonesia, Ibu Enny dan Ibu Neng Dyah sebagai guru IPA, Ibu Nurul Hikmah sebagai konselor serta Ibu Anisatul Istiqomah selaku wali kelas atau Pembimbing Akademik kelas atauu ruang Riset. Mari kita dukung serta doakan semoga apa yang anak didik kita lakukan benar-benar mampu menghasilkan produk yang bermanfaat serta menambah wawasan dan pengetahuan peserta didik kita nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.