PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) MTsN 3 PAMEKASAN 2020

Hari ini, Senin 28 September 2020 bertempat di ruang Auditorium MTsN 3 Pamekasan, dilaksanakan kegiatan tahunan berupa Penilaian Kinerja Kepala Madrasah. Pada kesempatan kali ini, MTsN 3 Pamekasan dikunjungi oleh Koordinator dan  Sekretaris Kelompok Kerja Pengawas (POKJAWAS) Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan serta Pengawas MTsN 3 Pamekasan sendiri. Rombongan pengawas yang tiba di madrasah sekitar jam 08.00 wib tersebut disambut langsung oleh Kepala MTsN 3 Pamekasan beserta seluruh dewan guru.

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data tentang  kualitas kepala madrasah dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian yang dilakukan secara periodik ( tahunan dan empat tahunan) merupakan upaya pemerintah dalam menjaga mutu pelayanan pendidikan madrasah kepada masyarakat. Tidak dapat dipungkiri, kepala madrasah adalah orang yang memiliki legalitas dalam menjalankan segala program dan kegiatan madrasah. Oleh sebab itu agar mutu pelayan publik baik secara internal dan eksternal tetap terjamin, maka asessment periodik terhadap kepala madarasah perlu dilaksanakan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah telah menyusun petunjuk teknis penilaian kinerja kepala madrasah yang kemudian ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019. Menurut isi juknis tersebut ada lima komponen penilaian untuk mengukur kinerja kepala madrasah, meliputi :

  1. Usaha pengembangan madrasah,
  2. Pelaksanaan tugas managerial,
  3. Pengembangan kewirausahaan,
  4. Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan,
  5. Hasil kinerja kepala madrasah

Untuk empat komponen penilaian pertama, dievaluasi setiap tahun. Sedang untuk komponen penilaian hasil kinerja kepala madrasah dievaluasi setiap empat tahun sekali.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Pengawas MTsN 3 Pamekasan, Bapak Muhtar yang memberikan apresiasi yang positif terhadap prestasi, inovasi dan kreatifitas MTsN 3 Pamekasan selama ini sehingga mampu menjadi madrasah unggul dan terbaik. Bukti- bukti keberhasilan MTsN 3 Pamekasan terekam dalam prestasi-prestasi yang telah ditorehkan lembaga ini, serta kesan masyarakat yang positif sehingga mereka percaya untuk menitipkan putra-putrinya menimba ilmu di lembaga yang menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Pamekasan di bidang pendidikan. Beliau juga merasa bangga terhadap MTsN 3 Pamekasan, karena sejatinya beliau merupakan alumni dari lembaga ini. Kedepan, beliau berharap agar presatasi yang sudah diperoleh bisa dipertahankan dan bahkan lebih ditingkatkan lagi.

Untuk acara berikutnya, disampaiakan sambutan sekaligus paparan kerja oleh Kepala MTsN 3 Pamekasan, Bapak H. Mohammad Holis dengan mempresentasikan kinerja beliau selama setahun ini. dalam paparannya, banyak hal yang beliau sampaikan terkait dengan lima komponen penilaian yang sudah ditepakan oleh Ditjen Pendis. Alhamdulillah, menurut beliau dari kelima komponen yang ada, terutama empat komponen yang dievaluasi setiap tahun, semua sudah terlaksana. Komitmen MTsN 3 Pamekasan adalah melayani masyarakat sepenuh hati, meningkatkan mutu lembaga dan tenaga pengajar untuk mewujudkan visi dan misi madrasah. Usaha ini tentu agar terus berjalan dan akan selalu ditingkatkan kualitasnya dari tahun ke tahun. Oleh karenanya, bimbingan dan pendampingan dari pengawas sangat diharapkan. Jaya terus MTsN 3 Pamekasan.

Tinggalkan Balasan