PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) MTsN 3 PAMEKASAN 2022

Salah satu agenda rutin yang harus dilalui oleh lembaga pendidikan seperti madrasah dan lainnya selain akreditasi  lembaga adalah PKKM. Bentuk evaluasi yang lebih menitikberatkan pada capaian dan kinerja yang telah dilakukan seorang kepala madrasah dalam memanage lembaganya. Jika seorang kepala madrasah memiliki tugas dalam supervisi para bawahannya, maka sebagai top manager dalam suatu lembaga, kepala madrasah juga akan dievaluasi dalam suatu agenda berbunyi PKKM.

Alhamdulillah, pada hari Selasa tanggal 02 Agustus 2022, meski sepanjang pagi kawasan Kabupaten Pamekasan diguyur hujan, tapi tidak menyurutkan agenda pelaksanaan PKKM MTsN 3 Pamekasan kali ini. Kegiatan yang dihadiri oleh H. Jauhari sebagai Ketua Kelompok Kerja Pengawas Madrasah Kemenag Pamekasan dan Nur Jannah selaku pengawas MTsN 3 Pamekasan dapat berjalan lancar meski harus molor beberapa menit karena faktor non teknis.

Sama seperti pelaksanaan PKKM sebelum-sebelumnya, tahun ini Moh. Holis selaku Kepala MTsN 3 Pamekasan mempresentasikan capaian kinerja, inovasi program serta hambatan yang dihadapi dalam beberapa tahun terakhir ini. Sebagai orang nomor satu di MTsN 3 Pamekasan, tentu apa yang dipresentasikan beliau di depan Ketua Pokjawas dan Pengawas  adalah hal real yang memang ada dan terjadi di MTsN 3 Pamekasan. Beliau didampingi oleh para Wakil Kepala dan Koordinator bidang mampu memaparkan secara jelas tentang apa dan bagaimana MTsN 3 Pamekasan saat ini.

Paparan beliau tentang layanan di PTSP (Pelayanan Terpadu satu Pintu) yang sudah beralih menjadi digital, salah satunya adalah digitalisasi absensi bagi guru dan karyawan. Kedepan harapan beliau absensi digital ini juga mampu menjangkau peserta didik. Tak hanya itu, sistem administrasi kekantoran juga sudah berbasis digital. Layanan perpustakaan beliau juga sampaikan sudah berbasis digital. Untuk sistem kurikulum, pada tahun ajar 2022-2023 MTsN 3 Pamekasan memakai kurikulum merdeka. Alhamdulillah guru yang ada di madrasah ini mampu menyerap cepat perubahan dan minset berpikir ketika memutuskan memakai Kurikulum Merdeka. Persiapan dan syarat yang bersifat teknis administratif mampu dirampungkan sebelum memasuki tahun ajaran baru tahun ini.

Peran BK sebagai komponen penting dalam dunia pendidikan juga mendapat perhatian yang besar untuk disampaikan pada PKKM kali ini. Hal ini karena tim BK MTsN 3 Pamekasan mampu mengkreasi layanan kepada peserta didik dan wali murid berupa program SUALAYAN dan si CAKEP. Layanan ini berakar pada layanan terhadap peserta didik dan orang tua yang mengedepankan sisi humanis. Tujuan dari program Sualayan dan si Cakep tentunya untuk membentuk peserta didik yang handal, dan unggul. Selain penyampaian presentasi,  juga telah disiapkan dokumen-dokumen pendukung sebagai bukti otentik kegiatan PKKM kali ini. Semoga penilaian dari tim penilai terhadap kinerja Kepala Madrasah adalah memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  43  =  47