Apel pagi di Lapangan Upacara MTsN 3 Pamekasan

Hari Senin selalu identik dengan pelaksanaan Upacara Bendera. Hampir di setiap instansi kegiatan rutin mingguan ini lazim digelar, demikian juga MTsN 3 Pamekasan. Di masa-masa sebelum pandemi kegiatan Upacara ataupun sekedar apel pagi rutin dilaksanakan, namun saat pandemi corona melanda, maka sementara waktu kegiatan tersebut dihentikan.

Pada hari ini, MTsN 3 Pamekasan melaksanakan apel pagi di lapangan belakang madrasah. Ada hal menarik perlu disampaikan bahwasanya kegiatan apel pagi ini adalah kegiatan pertama bagi madrasah yang dilaksanakan di lapangan belakang madrasah. Hal ini karena saat ini di MTsN 3 Pamekasan sedang dilaksanakan pembangunan gedung asrama baru. Kegiatan apel pagi di pimpin langsung oleh kepala madrasah, Moh Holis dan diikuti oleh seluruh guru, staf TU dan peserta didik.

Ada banyak hal yang disampaikan oleh kepala Madrasah pada pertemuan kali ini, diantaranya adalah penyampaian informasi membawa gadget ke madrasah tidak dilarang asalkan prosedurnya sesuai dengan kesepakatan bersama. Selanjutnya disampaikan pula tentang program SEREP ( Silent Reading Program) dimana setiap peserta didik dituntut membaca 5 buku minimal dalam setahun. Angka ini lebih kecil jika dibandingkan dengan target pelaksanaan SEREP sebelum pandemi. Kebijakan ini diambil, karena saat sekarang sebenarnya madrasah sedang mencoba me recovery pelaksanaan pembelajaran dimana selama masa pandemi kemarin generasi kita berpotensi menjadi generasi yang Lost Learning.

Inovasi baru yang disampaikan pada apel kali ini yaitu porgram si CAKEP dari BK. CAKEP itu sebenarnya singkatan dari Catatan Kepribadian Positif, yaitu sistem layan BK yang ramah anak dimana memberi apresiasi kepada peserta didik yang melakukan hal positif dengan poin. Sistem si CAKEP ini juga merubah paradigma umum bagaimana dalam memperlakukan peserta didik dalam kehidupannya. Sebagai penutup, beliau berpesan bahwa butuh kerjasama yang sinergi dan simultan dari komponen-komponen di MTsN 3 Pamekasan agar apa yang tertuang dalam visi dan misi madrasah dapat diwujudkan. Semoga lembaga ini menjadi pelopor yang inovatif bagi MTs-Mts lainnya di Pamekasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6  +  1  =