PERJANJIAN KERJASAMA MTsN 3 PAMEKASAN DENGAN BRI SYARIAH

ByLutfi Rahman

PERJANJIAN KERJASAMA MTsN 3 PAMEKASAN DENGAN BRI SYARIAH

Hari ini tanggal 27 April 2018 adalah momen penting bagi civitas MTsN 3 Pamekasan dan BRI Syariah, khususnya BRI Syariah cabang Pamekasan. Bertempat di ruang Auditorium MTsN 3 Pamekasan, kepala madrasah, Bpk H. Mohammad Holis, S.Ag, M.Si bersama kepala BRI Syariah Provinsi Jawa Timur telah melakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama dalam hal Penyaluran Gaji & Pembiayaan Pegawai serta Kerjasama  dalam Cash Management System. Bentuk kerjasama ini merupakan terobosan yang dilakukan oleh kedua belah pihak.  Bagi MTsN 3 Pamekasan, kerjasama ini merupakan wujud kesadaran diri untuk melaksanakan kegiatan keuangan yang berbasis pada hukum-hukum Islam. Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang berbasis Islam, sudah seharusnya menjadi contoh dan model dalam penegakan hukum-hukum Islam di masyarakat. Kerjasama lembaga madrasah dengan perbankan Islam ini adalah yang pertama dan ekslusif bagi BRI Syariah terutama untuk wilayah Jawa Timur.

Usai penandatanganan perjanjian kerjasama MTsN 3 Pamekasan dengan BRI Syariah

Keberpihakan madrasah pada lembaga perbankan Islam merupakan hal yang perlu dikembangkan dan ditularkan pada lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Hal ini agar menjauhkan kita semua dari bahaya riba. Selain itu, dengan bentuk kerjasama ini diharapkan juga semakin membumikan dan menyuburkan perbankan yang berbasis pada syariat Islam di Indonesia. Dari hasil riset terbukti bahwa perbankan yang berbasis pada hukum-hukum syariah Islam dapat terhindar dari goncangan ekonomi pada beberapa tahun akhir-akhir ini. Mereka juga mampu survive  dalam melewati  situasi ekonomi yang sulit.

Dalam sambutannya, kepala BRI Syariah Jawa Timur mengungkapkan kebahagiaan dan penghargaannya kepada seluruh civitas MTsN 3 Pamekasan atas kepercayaannya menjalin kerjasama dengan salah satu lembaga perbankan Islam pertama di Indonesia yang sudah go publik. Kesempatan ini tidak akan disia-siakan dengan meningkatkan pelayanan pada masyarakat khususnya bagi civitas MTsN 3 Pamekasan. Beliau menjajikan dengan kerjasama ini nantinya akan ada beberapa kemudahan dan keuntungan yang akan didapat, selain tentu hilangnya rasa was-was akan  transaksi yang berpotensi riba. BRI Syariah adalah lembaga yang berada dalam pengawasan Dewan Syariah, sehingga mustahil sistem yang diterapkan bertentangan dengan hukum Islam.

Langkah ini merupakan bentuk lompatan besar bagi MTsN 3 Pamekasan, untuk mengalihkan transaksi pembayaran gaji dan pembiayaan pegawai dari yang konvensional menjadi berbasis islam. Dari yang bagus menjadi yang baik, yaitu baik menurut ajaran Islam. Hal positif lain dari kerjasama ini adalah diberikannya kesempatan bagi MTsN 3 Pamekasan untuk memperbaiki system manajemen pembayaran yang sekali lagi tidak bertentangan dengan hukum-hukum agama.

Semoga bentuk kerjasama ini dapat menggugah masyarakat untuk beralih pada sistem perbankan yang berbasis Islam,  sehingga memberi keselamatan dan keberkahan pada setiap rizqi yang diperoleh dan yang dibelanjakan.

Tentang Pengarang

Lutfi Rahman author

Tinggalkan Balasan