SUKSES PELAKSANAAN MATSAMA 2018

ByLutfi Rahman

SUKSES PELAKSANAAN MATSAMA 2018

Alhamdulillah, Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) MTsN 3 Pamekasan untuk tahun pelajaran 2018-2019 dapat berlangsung dengan lancar. Sebanyak 323 peserta didik mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, mulai dari Pra Matsama hingga penutupannya. Seratus tujuh puluh enam peserta putri dan seratus empat puluh tujuh peserta putra ikut lebur dalam kecerian kegiatan MATSAMA tahun ini.

 

Mengacu pada PERMENDIKBUD Nomor 18 tahun 2016, maka kegiatan MATSAMA mengarah pada rangkaian kegiatan yang menciptakan suasana yang kondusif dan edukatif serta berorientasi pada pengenalan lingkungan sekolah/madrasah. Sehiingga Bapak Kepala Madrasah juga berpesan agar kegiatan yang mengarah pada perpeloncoan, membuli dan tindakan kekerasan fifik harus dihindarkan.

Kegiatan penyampaian materi di ruang AUDITORIUM MTsN 3 Pamekasan

suasana di lapangan utama MTsN 3 Pamekasan

Disamping untuk mengenalkan lingkungan madrasah pada para peserta didik baru, kegiatan MATSAMA juga menjadi cara yang tepat untuk menyampaikan visi, misi dan beberapa kebijakan Madrasah kepada para peserta didik pada khususnya dan pada masyarakat umumnya. Dalam rangkaian kegiatan MATSAMA ini nantinya harus mampu mencetak generasi generasi yang mencintai Madrasah, unggul dan berprestasi. Lewat kegiatan MATSAM ini, para peserta didik harus mulai dibakar semangatnya untuk giat belajar, berkreasi dan berinovasi. Oleh karenanya maka kegiatan MATSAMA sejalan beriringan dengan semangat visi dan misi madrasah.

Kegiatan MATSAMA tahun ini dimotori oleh ibu Siti Fatimah selaku ketua, Bapak Subairi, S.Hum sebagai Sekretaris, Bapak Akh. Subairiyanto sebagai bendahara serta dibantu oleh beberapa guru sebagai anggota. Guru-guru tersebut adalah Bapak Mohammad Syamsul Bahri, Bapak Akh. Mahfudz Junaidi, Bapak Mohammad Ramli, Bapak Achmad Muchlis serta dibantu oleh seluruh pengurus OSIS MTsN 3 Pamekasan.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Ibu Siti Fatimah mengatakan bahwa kegiatan MATSAMA tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, terutama jika ditelisik dari jenis kegiatannya. MATSAMA tahun ini memprioriitaskan agar para peserta didik mampu memiliki kepekaan terhadap lingkungan, karena sadar lingkungan telah menjadi budaya di MTsN 3 Pamekasan. Selain itu, para peserta MATSAMA juga dibekali dengan berbagai keterampilan dan kecakapan, baik mandiri dan juga berkelompok. Beliau juga menyampaikan banyak terima kasih pada seluruh tim panitia MATSAMA atas kerjasama dan keikhlasannya dalam melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir. Tak lupa beliau juga menghaturkan rasa terima kasih dann apresiasi yang tinggi kepada para stakeholder, kepala Madrasah dan Komite yang telah mempercayakan pelaksanaan kegiatan ini kepada beliau dan timnya.

 

Akhirnya dengan semangat baru, peserta didik baru, kita songsong tahun ajaran 2018-2019 dengan semangat yang tinggi dan optimisme bahwa tahun ini kita akan menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik, berdedikasi dan berprestasi.

Tentang Pengarang

Lutfi Rahman author

Tinggalkan Balasan