TIM AUDIT INSPEKTORAT JENDERAL TEMPATKAN MTsN 3 PAMEKASAN “BERHASIL” DALAM PENYELENGGARAAN MADRASAH UNGGULAN

Terhitung sejak tanggal 24 September 2021, MTsN 3 Pamekasan kedatangan tim audit kinerja dari Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia. Seperti pada warta sebelumnya, kedatangan tim audit adalah untuk memantau langsung pelaksanaan penyelenggaraan dan pengelolaan madrasah di lembaga ini. Hal ini merupakan konsekuensi telah ditetapkannya MTsN 3 Pamekasan sebagi Madrasah Unggulan Bidang Akademik.

Setelah melakukan serangkaian wawancara, diskusi dan investigasi berkas administrasi secara dalam dan menyeluruh, maka pada hari ini, Rabu 29 September 2021 tim audit memaparkan hasil kajiannya selama melaksanakan tugas pokok dan fungsi mereka di MTsN 3 Pamekasan.

Bertempat di ruang Auditorium MTsN 3 Pamekasan, acara Ekspos Hasil Audit TUSI versi 2.0 di MTsN 3 Pamekasan di paparkan langsung oleh ketua tim auditor  Dadang. Dalam acara tersebut turut hadir Kepala Kemenag Pamekasan Afandi serta Kasi Pendma Kemenag Pamekasan Moh. Rasul.

Sambutan dari Kepala MTsN 3 Pamekasan mengawali kegiatan Ekspos Hasil Audisi. Beliau menyampaikan bahwa audit kali ini berbeda dengan audit-audit sebelumnya. Versi 2.0 merupakan versi baru, dimana baru MTsN 3 Pamekasan satu-satunya lembaga di Madura yang sudah diaudit dengan versi ini. Versi 2.0 adalah versi audit yang lebih holistik namun parsial. Untuk itu, banyak masukan dan hal baru yang menjadi ilmu demi pengembangan dan tata kelola madrasah yang lebih baik ke depannya. Kepala MTsN 3 Pamekasan menilai bahwa seluruh tim auditor yang ditugaskan adalah sosok-sosok yang kompeten sehingga setiap detail dari apa yang sudah dimandatkan kepada beliau, terlaksanan dengan baik.

Selanjutnya,  Dadang selaku ketua tim auditor menyampaikan hasil audit di depan seluruh anggota rapat yang hadir. Namun, sebelum menyampaikan hasil penilaian, kesan beliau terhadap MTsN 3 Pamekasan ketika pertama kali datang adalah sangat miris dan meprihatinkan, terutama dari segi sarana dan prasarana yang ada. Lembaga yang sudah memiliki SK sebagai Madrasah Unggulah, semestinya kondisi sarana dan prasarananya tidak semacam yang nampak. Untuk itu,kesan dan temuan ini nantinya akan disampaikan ke Kementerian Agama Pusat agar diperhatikan.

Dari hasil invetigasi dan penilaian oleh tim auditor, di dapat hasil yang cukup menggembirakan bagi civitas MTsN 3 Pamekasan, dimana lembaga ini berhasil memperoleh poin yaitu 76,804. dengan capaian poin ini, MTsN 3 Pamekasan  masuk dalam kategori  “Berhasil” dalam penyelenggaraan dan kelola Madrasah Unggulan, meski masih ada beberapa catatan-catatan yang harus diperbaiki kedepannya. Hal ini merupakan PR seluruh civitas MTsN 3 Pamekasan agar selalu mengupayakan perbaikan dan peningkatan mutu

Pada kesempatan ini pula, salah satu anggota tim auditor, Zulkarnaen memberi masukan kepada Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan yang hadir agar disampaikan kepada pimpinan di tingkat Wilayah Provinsi Jawa Timur bahwasanya sebagai madrasah unggulan, sudah semestinya postur anggarannya disesuaikan dengan predikat yang melekat di lembaga ini.

Semoga apa yang didapat dari hasil audit ini mampu mengantarkan MTsN 3 Pamekasan menjadi lembaga yang semakin baik, sesuai dengan motto tim auditor yaitu Mendorong, Mengarahkan dan Mengoptimalkan. Sukses dan jaya terus MTsN 3 Pamekasan.

Tinggalkan Balasan