AKMI DI MTsN 3 PAMEKASAN SUKSES DILAKSANAKAN

Usai sukses melaksanakan ANBK pada tanggal 19-20 September 2022, MTsN 3 Pamekasan kemudian menyelenggarakan Assesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 September dan hari Senin, 26 September 2022. AKMI adalah singkatan dari Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, merupakan bentuk evaluasi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dalam mengukur kompetensi peserta didik madrasah yang tersebar di seluruh wilayah NKRI. Hasil dari AKMI nantinya akan memberi informasi tentang tingkat kemampuan peserta didik dalam berliterasi dan berpikir kritis. Hasil ini tentu kemudian membantu guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran di kelas.

Pelaksanaan AKMI adalah amanah dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia. Assesmen Madrasah (AKMI) sejatinya telah digagas sejak 2020 yang kemudian baru setahun setelahnya, AKMI benar-benar dilaksanakan di tahun 2021. Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan bagian dari sekian program dari Madrasah Reform yang dikelola oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama. Progam AKMI merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Agama Republik Indonesia dan Bank Dunia (World Bank) dengan platform program Realizing Education’s Promise- Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR). Program AKMI digagas untuk membantu mendiagnosis kemampuan literasi peserta didik madrasah dan secara umum mereformasi pendidikan madrasah

Terdapat kurang lebih 244 peserta didik yang ikut dalam AKMI 2022 di MTsN 3 Pamekasan . Mereka merupakan seluruh peserta didik dari Ruang 2 atau kelas VIII. Panitia telah membagi peserta didik dalam lima ruang atau lima server dimana di masing-masing ruang di bagi lagi menjadi dua sesi. Di setiap sesi terdapat 25 peserta yang mengikuti pelaksanaan AKMI dengan tertib. Adapun tes yang diujikan terdiri dari lima kompetensi , yakni Literasi membaca, Literasi Numerasi, Literasi sains, Literasi Sosial Budaya dan Profil Keunggulan. Untuk hari Sabtu, 24 September 2022 jenis kompetensi yang diujikan adalah Literasi membaca dan Literasi Numerasi. Untuk tiga kompetensi selanjutnya dilaksankan di hari Senin, 26 September 2022. Hasil dari AKMI ini nantinya berupa  Raport Mutu Madrasah dan Raport Mutu masing-masing peserta didik. Raport Mutu Madrasah merupakan rerata dari seluruh peserta didik, sedangkan Raport Mutu peserta didik adalah deskripsi pencapaian peserta didik pada masing-masing bidang uji kompetensi yang disajikan dalam bentuk narasi deskripsi, bukan berupa angka. Semoga hasil maksimal dapat diraih oleh para peserta didik pada pelaksanaan AKMI tahun ini. sukses pelaksanaan AKMI 2022 merupakan sukses bersama MTsN 3 Pamekasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  23  =  26