ROAD TO “SUMBER BUNGUR BATIK CARNIVAL 2022” MTsN 3 PAMEKASAN

Pepatah kuno menyatakan, “Ada banyak jalan menuju Roma”. Ungkapan ini sudah menjadi basic tatkala kita hendak memberikan semangat kepada seseorang yang mengalami kegagalan. Namun, bagi MTsN 3 Pamekasan, ungkapan ini justru menjadi hal yang berbeda. Ungkapan ini layak digunakan untuk menyatakan satu ide kreatif dan wujud dari inovasi MTsN 3 Pamekasan dalam memperingati Hari Batik  Nasional pada tanggal 2 Oktober.

Tidak seperti pelaksanaan peringatan Hari Batik Nasional di tahun-tahun sebelumnya, kali ini ada nuansa baru dalam memperingatinya. Rangkaian kegiatan telah disusun oleh tim kreatif dan panitia, dimana pada puncaknya nanti akan dilaksanakan kegiatan spektakuler bertajuk “Sumber Bungur Batik Carnival” yang InsyaAllah akan dilaksanakan pada hari Senin, 03 Oktober 2022 di lokasi entrace menuju MTsN 3 Pamekasan pada jam 07.00 wib hingga selesai.

Sebelum acara puncak  pada hari Senin nanti, Tim kreatif penyusun ragam kegiatan  peringatan Hari Batik Nasional 2022 telah terlebih dahulu merumuskan beberapa kegiatan yang perlu dilaksanakan sebagai bentuk tahapan dalam peringatan Hari Batik Nasional tahun ini. Ragam aktifitas tersebut termaktub dalam Modul Ajar Proyek Insidentil “Sumber Bungur Batik Carnival” yang dibuat khusus untuk kalangan MTsN 3 Pamekasan saja. Kegiatan-kegiatan tersebut terjadwal dengan rapi, dimana kegiatan pokonya adalah mempelajari segala hal yang berkaitan dengan Batik, mulai dari sejarah, tokoh, jenis, cara pembuatan serta manfaatnya.

Pembimbing Akademik (PA) adalah ujung tombak pelaksanaan Sumber Bungur Batik Carnival tahun ini. Peran PA diwujudkan dengan pendampingan pada para peserta didik di masing-masing kelas. Pembelajaran mengenai sejarah batik, pengertiannya, tokoh-tokohnya, jenis dan variasi batik Nusantara serta bagaimana proses pembuatan batik disampaiakan oleh para guru dan PA. Tugas pertama peserta didik adalah dengan membuat kliping tentang batik nusantara yang dilaksanakan pada hari Rabu 28 september 2022. Hari berikutnya, Kamis 29 september 2022, peserta didik berkreasi dengan berpraktek membuat batik, dalam hal ini jenis batik Jumputan. Peserta didik sangat antusias mengikuti alur kegiatan pada hari Kamis ini, dimulai dengan pengumpulan kliping, kemudian membuat pola-pola batik jumputan, lalu dilanjutkan dengan proses pewarnaan dan pengeringan.

Dari hasil kreasi peserta didik, muncul banyak sekali corak warna dan motif yang variatif. Jelas ini menunjukkan bakat  kreatifitas peserta didik terasah dan kaya. Pada fase ini, semua peserta didik terlibat aktif, baik putra maupun putri. Hasil karya mereka nantinya akan dipajang di saat pelaksanaan acara puncak Sumber Bungur Batik Carnival 2022.

Pada hari Jum’at, 30 September 2022 diisi dengan kegiatan survey lokasi pameran. Setiap kelas memiliki stand yang berukuran 2×3 meter yang pada saat pameran nanti diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing PA untuk menghias dan mengatur sendiri standnya masing-masing. Dari kegiatan ini, setiap PA beserta anak didiknya mulai menyetting letak dan properti yang akan dipajang di  stand masing-masing. Semoga keceriaan, keseruan dan antusiasme saat fase-fase  kegiatan Sumber Bungur Batik Carnival ini  terus terjaga sampai pada puncak acaranya pada hari Senin, 03 Oktober 2022. Projek insidentil ini sungguh luar biasa, karena betul-betul dilakasanakan dengan penuh tanggung jawab lengkap dengan Modul Ajarnya. Sukses untuk Sumber Bungur Batik Carnival, semoga kegiatan ini menjadi aspirasi dan motivasi. Satu hal lagi, semoga saat pelaksanaan nantinya cuaca mendukung jalannya kegiatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

25  +    =  26