AKSI SEHAT DALAM PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW DAN HARI SANTRI NASIONAL 2020

Salah satu bulan sakral bagi umat muslim adalah bulan Rabiul Awal. Bulan yang bagi sebagian besar masyarakat Indonesia lebih dikenal dengan nama bulan Maulid ini merupakan bulan ketiga dalam penghitungan tahun Hijriah. Bulan ini menjadi sangat spesial, karena semua masyarakat Islam tahu bahwa pada bulan ini, tepatnya pada tanggal 12, lahir tokoh pembaharu yang membawa pelita  di tengah kegelapan kehidupan pada masa itu dengan membawa amanat menyebarluaskan ajaran tauhid Allah SWT kepada seluruh umat manusia. Beliau adalah junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW.

Bagi masyarakat Indonesia, dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW diadakan beberapa macam kegiatan budaya yang telah dilaksanakan secara turun temurun bahkan menjadi tradisi dalam kehidupan masyarakat. Kegiatan budaya tersebut merupakan wujud kecintaan umat muslim di bumi Nusantara ini kepada Nabi Muhammad SAW sekaligus bentuk penghargaan atas jasa dan perjuangan beliau dalam memperjuangkan Islam.

Pembacaan Sholawat bersama dipimpin oleh Bapak Saleh Hasin

Hal yang paling penting dalam setiap peringatan kelahiran Nabi Muhammad setiap tahunnya adalah penanaman sikap cinta dan menauladani kepribadian Nabi Muhammad SAW dari generasi ke generasi. Sikap cinta tersebut kemudian melahirkan keimanan yang semakin kokoh terhadap nilai-nilai Islam dan ajarannya. Dalam Islam yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW mencakup semua aspek kehidupan manusia, termasuk bagaiman menjaga kesehatan tubuh terlebih dalam kaitannya di masa-masa pandemi COVID-19 yang belum juga kunjung berakhir.

Momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MTsN 3 Pamekasan bertepatan juga  dengan peringatan Hari Santri Nasional 2020. Adapun tema Hari Santri Nasional Tahun ini adalah Santri Sehat Indonesia Kuat. Meski kehidupan belum pulih normal seperti sedia kala, namun hal ini tidak menyurutkan kecintaan civitas akademika MTsN 3 Pamekasan untuk bersholawat kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW dengan melaksanakan kegiatan bertema “ Aksi Sehat Minum Jamu Tradisional dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional 2020”.

Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan multi asa. Dimana dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan mampu mendongrak keimanan dan kecintaan kita kepada Allah SWT beserta Rasulullah Muhammad SAW. Dengan momentum Hari Santri Nasional 2020 kita semua berharap ada penguatan nilai-nilai aqidah dan akhlak sebagai bekal para santri dalam membentuk kepribadian yang berkarakter keislaman yang kuat. Disamping itu, penanaman nilai-nilai menghargai, menjaga dan menumbuhkan kehidupan yang sehat merupakan hal lain yang perlu disampaikan kepada seluruh santri dan masyarakat Indonesia, terutama di masa penyebaran COVID-19 yang belum burujung. Untuk itu, dalam kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional, MTsN 3 Pamekasan mengadakan kegiatan minum Jamu Tradisional bersama sebagai upaya untuk mencetak santri yang sehat agar Indonesia menjadi kuat. Minuman jamu tradisional menjadi salah satu ikhtiar bersama civitas MTsN 3 Pamekasan untuk meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari virus Corona. Minum jamu sendiri merupakan tradisi bangsa Indonesia sejak dulu yang perlu juga untuk dilestarikan agar manfaat dan nilai-nilai luhur dalam jamu tradisional tetap terjaga. Semoga aksi ini sekaligus mengedukasi para peserta didik untuk lebih menghargai dan menjaga kesehatan sebagai  wujud ketaatan kita terhadap ajaran dan nilai-nilai Islam.

Tinggalkan Balasan