APEL HARI JADI PRAMUKA DI MTsN 3 PAMEKASAN

Hari ini tepat tanggal 14 Agustus 2020, Gugus Depan 80-81 MTsN 3 Pamekasan melaksanakan kegiatan Apel memperingati hari jadi Pramuka yang ke 59. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman utama MTsN 3 Pamekasan tersebut dipimpin langsung oleh Kamabigus 80-81 MTsN 3 Pamekasan Bapak H. Moh. Holis.

Kegiatan apel pagi ini merupakan wujud nyata eksistensi tim Pramuka MTsN 3 Pamekasan yang pada tahun ini mewakili kabupaten Pamekasan dalam seleksi Gugus Depan (GUDEP) Unggul tahun 2020 di tingkat Provinsi Jawa Timur. Terpilihnya Gudep 80-81 dalam seleksi  GUDEP Unggul tahun ini semakin memantapkan  komitmen tim Pramuka  dalam melayani dan memberikan pendidikan kepanduan kepada seluruh peserta didik di MTsN 3 Pamekasan dengan sebaik-baiknya.

Kegiatan Apel hari jadi Pramuka tahun ini terasa sangat berbeda, karena sampai sejauh ini kita semua masih berjuang melawan pandemi Covid-19. Kegiatan apel dilaksanakan dengan sangat sederhana dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Peserta yang hadir pada kegiatan apel kali ini adalah seluruh pembina Pramuka MTsN 3 Pamekasan serta beberapa peserta didik yang mewakili kelas mereka masing-masing.

Dalam amanatnya, Kamabigus MTsN 3 Pamekasan berpesan agar kedepan, peran Gudep 80-81 semakin nyata dan pro aktif dalam menanggapi fenomena di dalam masyarakat. Terlebih di masa pandemi  seperti sekarang, Pramuka harus mampu dan mau menjadi pandu untuk menolong penanggulangan Covid-19. Anggota Pramuka di Gudep 80-81 harus mampu menjadi pioner  membantu pemerintah dan negara dalam menangani pandemi. Sesuai dengan tema Hari Pramuka Nasional yaitu “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara”. Bentuk partisipasi serta peran Pramuka dari Gudep 80-81 setidaknya mampu memberikan informasi yang benar kepada masyarakat tentang apa itu Covid-19, cara penyebarannya serta bagaimana cara menghindari, menangani atau mengobati  jika Covid menyerang orang-orang di sekitar mereka. Jika hal ini dilaksanakan, maka sebenarnya para anggota Gudep 80-81 telah melaksanakan kegiatan Bela Negara. Kedepan, Kamabigus 80-81 MtsN 3 Pamekasan berpesan kepada seluruh anggota dan pembina Pramuka agar lebih aktif lagi dalam kegiatan kepramukaan sehingga dapat memberikan pendidikan, pelayanan serta prestasi bagi nama MTsN 3 Pamekasan

Tinggalkan Balasan