Laboratorium di sekolah/madrasah merupakan kelengkapan akademik yang menunjang kegiatanpembelajaran. Demikian juga laboratorium ekonomi, sebagai suatu tempat untukmengadakan percobaan, penyelidikan, dan sebagainya yang berhubungan dengan ilmuekonomi. Saat ini anyak sekolah/madrasah yang ada belum mempunyai laboratoriumekonomi. Laboratorium ekonomi di sekolah/madrsah sebenarnya mempunyai peranpenting baik sebagai sumber belajar maupun sebagai prasarana pendidikan yangmenunjang pembelajaran ekonomi. Konsekuensi dari pembentukan laboratoriumekonomi di MTs Negeri 3 Pamekasan membutuhkan laboran atau pengelolalaboratorium. Laboran dapat ditunjuk dari salah satu guru Ekonomi yang adadengan persyaratan tertentu.. Pengelola laboratorium perlu merencanakan segalasesuatu yang terkait dengan administrasi, perlengkapan, peralatan dan prosedurpelaksanaannya
Madrasahsebagai lembaga pendidikan berbasis agama Islam tentunya harus memiliki perandalam syiar Islam yang salah satunya adalah penguatan ekonomi syaria’ah.Praktik Ekonomi syari’ah saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesattidak hanya di Indonesia, namun di dunia. Fenomena ini membawa dampak nyatapada dunia pendidikan, khususnya madrasah, yang secara masif menyelenggarakanpendidikan berbasis Islam.
Tidak sekadar mengikuti trend, kontribusi nyata madrasah untuk turut mengembangkan Ekonomi syari’ah terwujud dalam upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya insani yang merupakan salah satu indikator penting dalam pertumbuhan ekonomi Islam. Dalam mendukung perkembangan Ekonomi syari’ah tersebut, MTs Negeri 3 Pamekasan bekerja sama dengan salah satu bank terkemuka (lihat lampiran …..) mengembangkan Laboratorium Ekonomi Syari’ah sebagai media dalam pendukung proses pembelajaran yang berfungsi sebagai tempat untuk berlatih mengembangkan keterampilan intelektual melalui kegiatan pratik keilmuan teori Ekonomi secara syari’ah yang sudah diperoleh di madrasah akan dipratikkan melalui kegiatan laboratorium.