BIMTEK UJIAN BERBASIS KOMPUTER SMART PHONE UNTUK MI SE KABUPATEN PAMEKASAN

Pada hari ini, Rabu 03 Maret 2021 Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan menggelar kegiatan BIMTEK Pelaksanaan Ujian Madrasah Berbasis Komputer dan Smart Phone dengan media EDUBOX kepada para Operator Madrasah Ibtidaiyah (MI) se Kabupaten Pamekasan di ruang auditorium MTsN 3 Pamekasan. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang digelar sehari sebelumnya. Sengaja kegiatan BIMTEK dilaksanakan selama dua hari di dua tempat yang berbeda. Di hari  pertama, BIMTEK dilaksanakan di daerah Pamekasan kota untuk mengakomodir para operator MI di sekitar wilayah Pamekasan bagian selatan. Untuk hari kedua BIMTEK, pelaksanaannya ditempatkan di MTsN 3 Pamekasan untuk memudahkan jangkauan para operator MI yang berasal dari daerah utara Pamekasan.

Kegiatan BIMTEK dihadiri langsung oleh Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pamekasan, Bapak Fandi, S. Ag. M.Hi , Kasi Pendma Bapak Drs. Rosul, M.Pd, Bapak Qudsi sebagai staf Pendma bagian Kurikulum dan Evaluasi (Kurev) serta Bapak Edi Subianto. Adapun jumlah peserta yang hadir sudah merepresentasikan jumlah lembaga MI di daerah Pamekasan bagian utara.

Ujian berbasis komputer dan smart phone sebenarnya bukanlah hal baru, karena sejak tahun 2018, Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Pamekasan secara serentak telah melaksanakannya. Kegiatan hari ini boleh jadi menjadi cara para operator MI untuk mengingat dan merefresh kembali ingatan mereka akan penggunaan EDUBOX dalam pelaksanaan ujian. Pelaksanaan ujian berbasis komputer tentu saja bertujuan untuk meningkatkan mutu madrasah serta memudahkan sistem penilaian.

EDUBOX sengaja dipilih karena alat ini mampu menjangkau madrasah yang bahkan tidak mampu dijangkau oleh layanan internet karena letaknya yang sangat jauh. Dengan alat ini, maka semua lembaga Madrasah Ibtidaiyah (MI) dapat melaksanakan ujian berbasis komputer, tanpa terkecuali. Salah satu kelebihan yang muncul lainnya adalah, dengan EDUBOX nilai hasil ujian langsung bisa diketahui oleh para peserta didik dan operator, sehingga kegiatan ujian nantinya bisa lebih terkontrol dan terpusat. Sistem pengontrollannya pun bisa dilakukan melalui Smart Phone, sehingga EDUBOX menjadi perangkat yang bernilai praktis, efisien dan compatible. Kedepan, Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan akan terus melaksanakan program yang  selalu up to date serta bermanfaat dan berdampak positif untuk kemajuan institusi. Kepekaan akan perubahan jaman yang bergerak sangat cepat perlu diadopsi oleh Kemenag Kabupaten Pamekasan dengan meningkatkan pelayanan.

Tinggalkan Balasan