Champion! Lagi, MTsN 3 Juara 1 KSM Provinsi.

Kembali, torehan positif dicatatkan oleh peserta didik terbaik MTsN 3 Pamekasan, yakni ananda Mohammad Anas yang pada kali ini berhasil menjadi yang terbaik alias juara 1 Kompetisi Sains Madrasah (KSM)  tingkat Provinsi Jawa Timur. Anas, mampu melanjutkan tren positif kakak kelasnya terdahulu yaitu Ayn Al Qodiy Dzikri Rahullah yang juga pernah mempersembahkan juara 1 untuk kriteria lomba yang sama (IPA terpadu Terintegrasi). Buah manis ini tentu hasil dari sebuah usaha yang sungguh-sungguh dan tentu saja support dari orang tua dan guru di MTsN 3 Pamekasan.

Hasil ini tentu membuka peluang kepada Anas untuk sekali lagi menunjukkan kapasitasnya dalam level yang lebih tinggi yakni mewakili Provinsi Jawa Timur dalam KSM tingkat Nasional yang akan digelar pada tanggal 12-14 Oktober nanti. Adapun untuk KSM Nasional nantinya akan dilaksankan secara luring, dengan demikian maka Anas akan berangkat mengikuti ajang Nasional itu nantinya.

Dari hasil wawancara dengan pembimbing, menyatakan bahwa tipikal soal untuk KSM semakin berkembang setiap tahunnya, terutama yang diintegrasikan dengan ilmu Agama. Kompleksitas soal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pembina. Bagaimana mengkondisikan peserta dengan tipikal soal yang benar-benar unpredictable. Untuk itu, MTsn 3 Pamekasan melakukan kolaborasi antara guru mapel IPA dengan para guru PAI. Hasilnya, alhamdulillah raihan juara satu menjadi kenyataan.

Harapan dari pembina yang mendampingi Anas selama ini, agar ketika Anas sudah pasti mewakili Provinsi jawa Timur untuk even KSM tingkat Nasional, sudah sepatutnya pemangku kebijakan di tingkat provinsi melakukan inisiasi dan inovasi dalam memberi bimbingan dan pembinaan bagi seluruh juara KSM yang akan berlaga di tingkat nasional. Hal ini sangat perlu mengingat tipikal soal yang diyakini lebih berat dibanding dengan soal di tingkat provinsi. persiapan ini tentu demi nama baik Jawa Timur di level Nasional. Harapan besar tentu digantungkan kepada sosok Anas yang dikenal bersahaja, ceria dan baik terhadap siapa saja ini. Semoga untuk ajang Kompetisi Sains Madrasah tingkat Nasional, ananda Anas mampu memberikan yang terbaik untuk Jawa Timur serta mampu memotivasi teman-temannya serta adik-adik kelasnya agar bisa berprestasi dan melanjutkan jejaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6  +  4  =