“Dendeng Daun Singkong”

ByLutfi Rahman

“Dendeng Daun Singkong”

Satu lagi keberhasilan peserta didik MTs Negeri Sumber Bungur Pamekasan di bidang sain, yaitu dengan mengolah bahan yang sederhana menjadi sesuatu yang bermanfaat. Dimotori oleh ananda Nurul Wasilah kelas 8 Matematika, bersama rekan-rekannya yaitu Kartika Candra Kirani (8 Mtk), Salsabila Sukri (7 IPA), Selvia Amelia (7 PAI), Ayu Farikha Zalianti (8 IPA), Yuliatin (8 B. Ingg), Anida Dwi Faridawati (8 IPA), Sofiana Nadia (8 IPA), Farhatun (8 IPA), Susilawati (8 IPA) dan Fakhrika Salsabiela (8 IPA), mereka mampu mengolah daun singkong yang banyak tumbuh di lapangan belakang madrasah menjadi olahan yang enak, sehat dan bernilai ekonomis.

5

kukus dengdeng singkong

Produk yang mereka hasilkan adalah “Deng-Deng Singkong”. Olahan yang berbahan dasar daun singkong ini diharapkan mampu menjadi salah satu camilan sehat bagi para peserta didik, guru, staf dan elemen lain di Madrasah ini. Hal itulah yang diungkapkan oleh ananda Nurul Wasilah mewakili teman-temannya.
Ide ini muncul pertama kali karena kelompok ini khawatir dengan banyaknya makanan tidak sehat yang dijual di pasaran saat ini. Mereka yakin jika makanan tersebut dikonsumsi terus-menerus, maka hasilnya tidak baik bagi kesehatan. Mereka lalu berkonsultasi dengan Ibu Ruki Herawati, S.Psi selaku konselor mereka untuk menemukan solusi dalam permasalahan ini. Berkat arahan, bimbingan dan motivasi dari Ibu Ruki, mereka akhirnya mampu menghasilkan produk “ DENG-DENG SINGKONG” ini.

4

memotong2 bahan mentah dari daun singkong

Untuk kandungan gizi dan khasiatnya, saat ini mereka masih berkonsultasi dengan guru Biologi serta melakukan beberapa percobaan di laboratorium IPA yang ada di Madrasah ini. Mereka berharap dalam waktu dekat ini mereka bisa tahu hasilnya. Namun Nurul Wasilah yakin bahwa produk ini aman dikonsumsi karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya, dan yang utama produk ini halal dan alami.

Menanggapi hal ini, kepala madrasah Bapak H. Mohammad Holis, S.Ag.,M.Si memberikan apresiasi yang sangat besar. Beliau sangat mendukung dan mensupport apa yang telah ananda Nurul dan teman-temannya hasilkan. Beliau menginginkan agar produk ini dilegalkan dengan mengurus surat ijin dari dinas kesehatan agar produk ini nantinya menjadi salah satu produk andalan dari MTs Negeri Sumber Bungur Pamekasan. Beliau juga berharap agar ada varian lain yang sama-sama aman dan sehat. Inilah bukti kreatifitas peserta didik yang ada di madrasah ini yang telah mampu mengolah dan memanfaatkan potensi alam dan lingkungan menjadi sesuatu yang bermanfaat. Hal ini sejalan dengan program Adi Wiyata dari pemerintah. Semoga kita mampu menjaga dan melestarikan lingkungan, karena ada banyak sekali man
faat yang bisa kita dapatkan jika kita melestarikannya.

2 1 3
Oleh : Lutfi rahman

Tentang Pengarang

Lutfi Rahman author

2 Comments so far

Halimatus Sa’diyahPosted on7:33 pm - Mei 9, 2016

waw… hebat-hebat ya… anak-anak mtsn sumpa, sampai bisa membuat suatu produk, bahkan suatu produk yang dihasilakan berasal dari sesuatu yang kurang berharga bahkan tidak terpandang dalam masyarakat yang setiap harinya biasanya hanya dijadikan sebuah santapan binatang/hewan ternak.

masih mts loh… ide-nya sudah cemerlang, hebat bener….
makin pengin ne…buat cicipin dengdeng singkong buatan anak mtsn Sumpa.
oya, kapan ne… yang mau dipasarkan.
tak tunggu ya… hehe

syarifah itsnainiPosted on7:54 pm - Mei 9, 2016

wow sangat bagus!

Tinggalkan Balasan