JUM’AT BERSAHABAT (BERSIH, SEHAT DAN BAKTI SOSIAL)

Kesehatan adalah harta paling berharga yang kadang lupa atau tidak disyukuri dengan baik. Begitu banyak kebaikan jika kesehatan mampu kita pelihara dan dipertahankan. Banyak hal pula dapat dilakukan jika tubuh dan pikiran kita berada dalam titik optimal.

Dalam setiap pekan, MTsN 3 Pamekasan melaksanakan kegiatan Jum’at Bersahabat. Kegiatan yang sebelumnya dilaksanakan setiap hari Sabtu, sekarang dilaksanakan setiap Jum’at dari jam pertama sampai jam ketiga. Adapun nama “Bersahabat” adalah singkatan dari Bersih, Sehat dan Bakti Sosial. Pada kegiatan ini, seluruh civitas MTsN 3 Pamekasan, bersama-sama melaksanakan kegiatan bersih lingkungan. Baik dalam lingkungan MTsN 3 Pamekasan atau lingkungan di sekitar madrasah.

Aksi bersih lingkungan di MTsN 3 Pamekasan

Kegiatan ini bertujuan agar seluruh civitas madrasah, terutama para peserta didik terbiasa hidup sehat dan peduli  kelestarian lingkungan, salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan. Diharapkan, pembiasaan ini  mampu diserap oleh para peserta didik dan diaplikasikan dalam lingkungan dimana mereka tinggal, sehingga para peserta didik MTsN 3 Pamekasan nantinya mampu menjadi duta lingkungan madrasah di lingkungan mereka masing-masing.

Salah satu bentuk kegiatan bakti sosial MTsN 3 Pamekasan

Peran madrasah dalam menggugah kesadaran para peserta didik agar senantiasa hidup sehat dan mencintai lingkungan ternyata mendapat apresiasi yang signifikan dari masyarakat. Hal ini terbukti dengan banyaknya kerjasama dan  kegiatan madrasah bersama para masyarakat. Seperti program penanaman pohon, bersih-bersih pasar dan kegiatan lain.

Salah satu bentuk kegiatan “Jum’at Bersahabat”  adalah Bakti Sosial. Kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab madrasah bahwa keberadaanya mampu memberikan hal positif bagi masyarakat yang bersentuhan langsung atau tidak langsung dengan madrasah. Bakti sosial ini menunjukkan komitmen MTsN 3 Pamekasan untuk menjadi lembaga yang benar-benar mampu memberi manfaat bagi lingkungandan masyarakat.  Suksesnya sebuah lembaga pendidikan bukan hanya diukur dengan kemampuannya mencetak peserta didik yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik, tapi bagaimana lembaga tersebut mampu juga mengedukasi masyarakat sekitarnya sehingga bisa menjadi masyarakat yang lebih baik. Disamping itu, lembaga tersebut juga mampu memunculkan sense of belonging masyarakat terhadapnya.

Kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, diharapakan nantinya mampu menggugah hati masyarakat untuk ikut merasa memiliki dan bangga dengan keberadaan MTsN 3 Pamekasan dalam lingkungan mereka.

Tinggalkan Balasan