KECERIAHAN KJB (KEGIATAN JUM’AT BERSAMA) MTsN 3 PAMEKASAN

Mensana in Corpore Sano adalah salah satu ungkapan yang familiar di telinga kita. Sebuah ungkapan latin yang jika diartikan secara sederhana yaitu “Jiwa yang Sehat terdapat dalam Tubuh yang Sehat”. artinya dalam konteks keolahragaan dan pendidikan, maka exercise atau olah raga merupakan hal yang penting dalam menjaga kesehatan pikiran dan psikis seseorang. kegiatanolahraga tidak harus yang berat, tapi juga bisa berupakan aktifitas ringan dengan sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Civitas MTsN 3 Pamekasan menyadari bahwa perlu adanya kegiatan bersama berupa aktifitas olah raga ringan seperti Jalan-Jalan Sehat, Senam bersama dan kegiatan lainnya. Kegiatan Jum’at Bersama digagas untuk mengakomodir usulan tersebut. sebelumnya, tepatnya sebulan yang lalu, Kegiatan Jum’at Bersama sudah mulai dilaksanakan. Namun pada hari ini, kegiatan ini resmi diagendakan sebagai kegiatan bulanan MTsN 3 Pamekasan. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala MTsN 3 Pamekasan Malik Rasyidi sebelum memberangkatkan peserta Jalan-jalan Sehat. Ada beberapa poin yang beliau sampaikan berupa kegiatan ini adalah untuk menjaga agar tubuh dan pikiran kita senantiasa sehat, meski setiap hari berjibaku dengan tugas dan tanggung jawab baik sebagai peserta didik maupun sebagai pengajar.

Selanjutnya, dalam kegiatan KJB ini ada penanaman nilai karakter yang dapat tercapai, yakni kedisiplinan dari peserta didik dalam mengikuti arahan dari para Pendamping Akademik saat melintas di jalan umum. seperti misal tetap berjalan dengan tertib, terartur dan tidak mengganggu pengguna jalan yang lain. Selaian itu, dengan KJB ini, peserta didik dan para guru juga dapat menikmati kesegaran udara pagi, saat matahari belum terlalu terik agar tumbuh kesadaran bagi kita semua untuk senantiasa menjaga keasrian alam lingkungan di sekitar kita.

Setelah JJS, kegiatan dilanjutkan dengan Senam Bersama di halaman utama madrasah yang dipimpin oleh Instruktur senam profesional yang memang sengaja didatangkan oleh Waka Kesiswaan. Antusias civitas MTsN 3 Pamekasan nampak jelas dalam kegiatan ini, terutama para Ibu guru. Sebelum kegaiatan Senam Bersama usai hujan kemudian turun, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para peserta didik dan guuru yang sedang bersenam. Mereka tetap bersenam meski diguyur air hujan. Kedepan kegiatan ini sudah menjadi agenda bulanan yang akan terus dilaksanakan agar tercipta keseimbangan antara kesehatan jasmani dan rohani. semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9  +  1  =