MTsN 3 PAMEKASAN TERIMA MAHASISWA PPL IAIN MADURA

Pada hari ini, Senin 15 Agustus 2022 MTsN 3 Pamekasan menerima 18 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura dalam rangka Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) gelombang 2 untuk tahun ajar 2022-2023. Setidaknya ada 18 mahasiswa dari tujuh jurusan berbeda yang melaksanakan PPL di MTsN 3 Pamekasan dari tanggal 15 Agustus sampai 28 September yang akan datang.

Rombongan mahasiswa IAIN Madura diterima langsung oleh Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, beberapa Wakil Kepala dan Guru Pamong yang akan mendampingi para mahasiswa selama melaksanakan PPL nanti. Agenda pagi ini selain pembukaan, sejatinya dilanjutkan dengan serah terima mahasiswa oleh Dosen pembimbing dari IAIN ke MTsN 3 Pamekasan. Kegiatan PPL mahasiswa dari IAIN Madura merupakan bentuk kerjasama yang telah lama terjalin. Sebagai mitra dalam pengembangan pendidikan madrasah, sinergi ini telah pula melahirkan bentuk-bentuk kegiatan dan kerjasama di bidang lain.

Dalam sambutannya , Kepala MTsn 3 Pamekasan, Mohammad Holis menyampaikan ucapan selamat datang kepada para mahsiswa PPL. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa untuk tahun akademik 2022-2023 MTsN 3 Pamekasan menerapkan Kurikulum Merdeka untuk peserta didik kelas 7. Hal lain yang perlu dipahami oleh mahasiswa PPL bahwasanya ada perbedaan implementasi Kurikulum Merdeka antara Sekolah dengan Madrasah, terutama mapel Agama Islam dan Projek Penguatan Profil Pelajar  Pancasila. Dimana berdasar KMA no 347 tahun 2022, pada madrasah ada tambahan yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang Rahmatan Lil Alamin. Seperti apa bentuk perbedaan tersebut, biar nanti para mahasiswa dibimbing oleh Guru Pamong dapat menyelami dan memahaminya.

Kepala MTsN 3 Pamekasan juga berharap supaya dengan PPL ini, para mahasiswa mempunyai pengalaman yang real dan berbeda dalam kegiatan mengajar di kelas. Tentunya, sambung beliau apa yang didapat nantinya dapat berguna bagi para mahasiswa dalam menyusun dan menyelesaikan skripsi. Berhubung di MTsN 3 Pamekasan saat ini sedang berlangsung proses pembangunan gedung asrama, maka dimohon kepada para mahasiswa untuk memaklumi keadaan ini, juga jika terdapat kekurangan dalam pelayan kepada para mahasiswa.

Koordinator pada program PPL kali ini adalah Waka Akademik, Agus Budi Hariyanto, yang telah memploting Guru Pamong untuk tujuh jurusan, yakni

  1. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yaitu H. Moh. Taha (Ka. Tata Usaha)
  2. Bimbingan Konseling (BK) yaitu Ali Hisyam (Koordinator BK)
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yaitu Moh. Saleh Fadli
  4. Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu Moh. Saleh Hasin (Wk. Kesiswaan/Guru PAI)
  5. Bahasa Inggris yaitu Guntur Ilmiawan (Wk. Sarpras/Guru Bhs. Inggris)
  6. Bahasa Indonesia yaitu Arafatu Fitriyah Ramli (Guru Bhs. Indonesia)
  7. Bahasa Arab yaitu Moh. Holis (Wk. Humas/Guru Bahasa Arab)

Besar harapan kegiatan PPL ini dapat berjalan lancar sesuai yang diharapkan oleh para mahasiswa dan civitas MTsN 3 Pamekasan. Dengan bimbingan dari para guru pamong, madrasah yakin PPl ini dapat memberi kesan, pengetahuan dan meningkatkan kemampuan para mahasiswa dalam mendedikasikan ilmunya secara langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  68  =  70