PURNAWIYATA MTsN 3 PAMEKASAN 2021

Bertempat di halaman utama MTsN 3 Pamekasan, pada hari ini Rabu, 16 Juni 2021 sebanyak 315 peserta didik kelas 9 melaksanakan kegiatan puncak penanda kelulusan mereka setelah menimba ilmu di lembaga ini selama 6 semester. Kegiatan ini amatlah penting, karena pada momen ini segala emosi dari peserta didik tercurahkan, mengingat begitu banyak hal dan kenangan yang telah mereka jalani selama menjadi peserta didik di lembaga yang akan selalu di hati. Kenangan pahit, manis, serta suka dan duka telah mereka lalui selama ini. tinggal menghitung waktu yang tidak berapa lama lagi, maka status mereka akan berganti menjadi alumni.

Kegiatan Purnawiyata kali ini, sangatlah berbeda dengan pelaksanaan sebelum-sebelumnya. Jika di tahun-tahun sebelum wabah Corona masuk ke Indonesia, kegiatan Purnawiyata ini akan dihelat dengan mewah, meriah dan penuh suka cita, tetapi tidak untuk kali ini dan tahun yang lalu. Setahun yang lalu, kegiatan pelulusan peserta didik dilaksanakan secara virtual serta disiarkan langsung melalui channel Youtube madrasah, untuk tahun ini kegiatan purnawiyata dilaksanakan secara langsung namun dengan standart protokol kesehatan yang ketat.

Untuk itu, MTsN 3 Pamekasan bekerjasama dengan tim Tagana Kabupaten Pamekasan sebagai pendamping dalam memastikan bahwa setiap rangkaian prosesi purnawiyata telah benar dan sesuai dengan protokol kesehatan. Di bawah komando tim Tagana Kabupaten Pamekasan yaitu bapak Ghufron serta dikawal pula oleh anggota Tagana Provinsi, bapak Fathorrahman, alhamdulillah kegiatan berjalan lancar.

Kegiatan purnawiyata kali ini hanya dibatasi durasi selama 2 jam. Adapun peserta yang hadir, hanya para peserta didik dan seluruh dewan guru. Orang tua atau wali peserta didik hanya diperbolehkan untuk mengantar putra-putri mereka sampai depan pintu gerbang. Oleh karenanya, prosesi pelulusan berjalan dengan sangat sederhana. Namun kesederhanaan tersebut tidak mengurangi esensi prosesi pelulusannya.

Dalam sambutannya, Kepala MTsN 3 Pamekasan berpesan kepada seluruh peserta didik untuk selalu menjaga marwah dan nama baik lembaga di manapun mereka nantinya melanjutkan pendidikannya. Selain itu, beliau meminta kepada seluruh peserta didik untuk sebisa mungkin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, jikapun ada beberapa peserta didik yang merasa terkendala oleh satu dan lain hal, maka bicarakan hal tersebut dengan madrasah, insyaAllah, lembaga siap untuk mencarika jalan keluar yang terbaik. Jadilah diri kalian sebagai alumni MTsN 3 Pamekasan yang mampu menyebar kebaikan di masyarakat, serta menjadi panutan yang baik bagi lingkungan sekitar.

Pada kegiatan Purnawiyata kali ini, sebagai hiburan, baik saat pra acara serta di saat sebelum penobatan kelulusan dan akhir kegiatan, diisi oleh hiburan persembahan dari para peserta didik maupun guru. Hiburan tersebut berupa penampilan Al Banjari, Al-Farobi Band dan Karawitan. Disampaiakan pula penghargaan kepada sejumlah peserta didik yang masuk kategori terbaik ataupun mendapat apresiasi dalam beberapa kategori tertentu. Selamat kepada seluruh peserta didik yang dinyatakan lulus, Raih Prestasi Dengan Rendah Diri serta Selalu Berkreasi Dengan Mawas Diri.

Tinggalkan Balasan