SELANGKAH MENUJU MADRASAH ADIWIYATA NASIONAL

Hari ini, Rabu 04 Maret 2020, MTsN 3 Pamekasan menerima kunjungan tim BLH Provinsi Jawa Timur serta BLH  Kabupaten Pamekasan. Kedatangan mereka berkaitan dengan hasil seleksi dari dinas BLH yang menyatakan bahwa MTsN 3 Pamekasan sudah memenuhi syarat untuk menjadi madrasah Adiwiyata Nasional.

              Kedatangan tim BLH kali ini merupakan bentuk pendampingan mereka dalam memberikan pembinaan, masukan serta acuan-acuan teknis dan non teknis kepada sekolah/madrasah yang sudah mendapat kategori layak mengikuti program Adiwiyata Nasional. Dengan tindakan semacam ini, diharapkan sekolah/madrasah benar-benar paham hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dalam psoses penilaian nantinya. Dengan adanya pendampingan serta pembinaan ini, MTsN 3 Pamekasan kedepan mampu mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dengan matang.

              Ada beberapa perbedaan sistem penilaian pada program Adiwiyata Nasional tahun ini terutama menyangkut penilaian teknis. Hal ini disampaikan oleh bapak Arsam dengan lugas di saat pembinaan. Penilaian berbasis makro excel yang digunakan pada penilaian tahun-tahun sebelumnya, sekarang berganti dengan sistem kuisioner yang terbagi menjadi tiga yakni pada tahapan perencanaan, pelaksanaan (proses) dan evaluasi.

              Selain disampaikan mengenai hal diatas, bapak Arsam juga menyampaikan bahwa predikat Adiwiyata berlaku selama 4 tahun, setelah itu akan diadakan peninjauan serta penilaian apakah sekolah/madrasah tersebut masih layak menyandang gelar sekolah/madrasah Adiwiyata atau tidak.  Tak hanya itu, beliau juga memaparkan hal-hal teknis lainnya yang memang menjadi perhatian dalam penilaian Adiwiyata tingkat nasional.

              Hasil dari pembinaan ini disambut sangat baik oleh tim Adiwiyata MTsN 3 Pamekasan yang diketuai oleh bapak Drs. Akh. Syfiudin. Telah ada pencerahan yang sangat membatu tim dalam mempersiapkan diri menuju madrasah Adiwiyata Nasional. Setelah ini, tim akan bekerja keras dan bekerja cerdas menyiapkan semuanya. Selangkah lagi menuju madrasah Adiwiyata Nasional. Harapan beliau juga ada sinergi dan solidaritas dari seluruh element MTsN 3 Pamekasan untuk mensukseskan program tersebut.            

Semoga apa yang diharapkan mampu diwujudkan dengan meminimalkan segala kemungkinan resiko yang ada. kuncinya adalah pada persiapan yang benar-benar matang dan komprehensif. Ditambah daya dukung dari seluruh civitas MTsN 3 Pamekasan, maka kita optimis akan mampu menjadi madrasah Adiwiyata Nasional.

Tinggalkan Balasan