SEMARAK HARI GURU NASIONAL 2021 DI MTsN 3 PAMEKASAN

Berdasar ketetapan yang diterbitkan oleh pemerintah melalaui Keputusan Presiden No 78 tahun 1994, ditetapkan bahwa setiap tanggal 25 November menjadi Hari Guru Nasional. Penetapan tanggal ini juga bertepatan dengan hari lahir dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).
Dalam setiap tahun peringatan hari Guru, selalu memiliki tema, tak terkecuali tahun ini, dimana berdasar gtkdikdas.kemdikbud.go.id, tema hari Guru tahun 2021 adalah Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan. Tema yang diusung kali ini memang dirasa pas dengan keadaan pasca masa yang tidak menentu akibat pandemi. Disamping itu, dunia pendidikan di Indonesia juga sedang berjuang dan bangkit dari keterpurukan akibat keadaan yang tidak menentu kala pandemi.
Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2021, MTsN 3 Pamekasan juga melaksanakan rangkaian kegiatan intra madrasah, yang dilaksanakan dari tanggal 25 -27 November 2021. Adapun rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan pelaksanaan Upacara peringatan Hari Guru Nasional 2021 di halaman utama MTsN 3 Pamekasan, dimana seluruh personil pelaksana kegiatan upacara berasal dari unsur guru MTsN 3 Pamekasan dan di komando langsung oleh kepala MTsN 3 Pamekasan, Mohammad Holis.
Kegiatan dilanjutkan pada hari Jum’at, 26 November 2021 dimana dilaksanakan pemilihan Guru favorit versi peserta didik. Metode voting tertutup menggunakan perangkat android melalui aplikasi diterapkan dalam kegiatan ini. Teknis pelaksanaannya adalah, setiap kelas mendapat waktu bergiliran dalam menyampaikan voting. Dari hasil voting ini, diambil 3 nama teratas berdasar hasil suara yang disampaikan oleh seluruh peserta didik.
Selanjutnya, di hari Sabtu 27 November 2021, di sela-sela aktifitas wajib para guru MTsN 3 Pamekasan, dilaksanakan juga voting, dimana korespondennya adalah para guru MTsN 3 Pamekasan. Mereka di minta untuk menyampaikan pilihannya dalam beberapa kategori predikat guru. Dimulai dari predikat Guru teladan kategori Inspiratif, Kreatif, Edukatif, Produktif dan Religius. Proses penjaringan ini juga dilaksanakan secara online, dimana kerahasiaannya terjamin, karena setiap guru yang memilih, secara otomatis tersimpan di server operator kegiatan.
Hasil dari voting pada hari Jum’at dan Sabtu disampaikan pada saat apel pagi di hari Senin, 29 November 2021. Di hadapan seluruh civitas MTsN 3 Pamekasan disampaikan hasil dari voting dengan beberapa nama berikut ini:
 Kategori Guru favorit Pilihan Peserta didik:
1. Anisatul Ainy, S. Pd
2. Ibnawatis Nainy, S. Pd
3. Suprapto, S. Pd
 Guru Teladan Kategori Guru Inspiratif, Drs. Mohammad Saleh, S.Pd
 Guru Teladan Kategori Guru Inovatif, Duwi Hartanti, S. Pd
 Guru Teladan Kategori Kreatif, Moh. Ali Budi Hartono, S. Pd
 Guru Teladan Kaegori Edukatif, Agus Budi Hariyanto, S. Pd
 Guru Teladan Kategori Produktif, Titik Indah Kusuma, S. Pd
 Guru Teladan Kategori Religius, Mohammad Holis, M. Pd
Demikian rangkaian kegiatan peringatan Hari Guru Nasional 2021 yang dilaksanakan oleh civitas pendidikan MTsN 3 Pamekasan. Bentuk apresiasi ini merupakan bentuk penghormatan kepada para guru yang telah mengabdikan diri dan berdedikasi dalam mencerdaskan bangsa.

Tinggalkan Balasan