GOOD NEWS! MTsN 3 PAMEKASAN SIAP CETAK PENELITI MUDA.

Segala sesuatu di muka bumi ini mengalami perubahan yang dinamis, baik perubahan yang bersifat internal maupun karena faktor eksternal. Perubahan itu sendiri terjadi karena memang sudah menjadi keharusan, oleh karenanya jika kita tidak mampu beradaptasi dengan segala perubahan, maka kita akan tertinggal dan ditinggal. Dunia Pendidikan juga salah satu bagian dari kehidupan yang bergerak dinamis dan kadang lebih dari itu, perubahan yang terjadi kadang dirasa sangat cepat bagi sebagian orang.

Kurikulum Nasional akan dievaluasi pada tahun 2024, namun sebelum evaluasi tersebut dilaksanakan, Pemerintah menerbitkan Kurikulum Prototipe yang sejatinya merupakan kelanjutan dan pengembangan Kurikulum 2013. Kurikulum Prototipe diberikan sebagai opsi tambahan bagi satuan pendidikan untuk melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Kurikulum ini memberi keleluasaan bagi satuan pendidikan untuk mengembangkan potensi peserta didik yang sesuai dengan visi, misi dan sumber daya lembaga.

Di awal semester kedua tahun pelajaran 2021-2022, MTsN 3 Pamekasan membuat sebuah gebrakan yang signifikan dengan merombak sebagian program yang dianggap perlu untuk diperbarui dalam menanggapi perubahan dan realita yang ada di masyarakat. MTsN 3 Pamekasan, membuka kelas Tahfidz, Research, Robotic, English, Arabic, Science, Social, Art dan Sport. Macam kelas ini berbeda dari ragam kelas sebelumnya. Ini adalah salah satu langkah strategis lembaga ini dalam mempersiapkan masa depan peserta didik dalam menghadapi tantangan hidup yang lebih kompleks di kemudian hari.

Bekerjasama dengan Edu Riset Saintika Jogyakarta, MTsN 3 Pamekasan siap untuk mencetak dan melahirkan calon peneliti-peneliti muda yang handal di kemudian hari. Edu Riset Saintika merupakan lembaga yang memberikan pendampingan dan bimbingan penelitian kepada peserta didik. Dengan moto Inspiring Students to achieve dream, lembaga ini dapat diandalkan untuk menggali potensi yang ada pada peserta didik yang tergabung dalam kelas Research. Penempatan peserta didik dalam kelas Research ini juga telah melalui tahapan yang hati-hati. Dimana sebelumnya telah ada koordinasi antara Waka Akademik, Waka Kesiswaan, Pembimbing Akademik, Guru Mapel dan BK dalam menentukan kriteria ideal bagi peserta didik yang akan dimasukkan dalam kelas Research maupun kelas-kelas yang lain.

Pada hari ini, Selasa 11 Januari 2022, bertempat di ruang Auditorium MTsN 3 Pamekasan, dilaksanakan sosialisasi program kelas Research kepada wali murid dan peserta didik kemudian dilanjutkan dengan  penandatanganan Mou antara MTsN 3 Pamekasan dengan lembaga Edu Riset Saintika Jogyakarta. Kemudian nanti akan dilanjutkan denga pertemuan pertama tim Edu Riset Saintika dengan peserta didik. Untuk model pembinaan dan pendampingan Riset nantinya akan dilaksanakan secara daring dan luring.

Didampingi oleh waka Akademik dan Kesiswaan, Kepala MTsN 3 Pamekasan, Moh. Holis bersama Direktur Edu Riset Saintika Ferry Kurniawan menandatangani dokumen kerjasama.

Salah satu klausul kontrak dengan Edu Riset Saintika adalah pengembangan kelas Riset di MTsN 3 Pamekasan  dengan memberikan layanan pembinaan dan pendampingan dalam kegiatan riset yang benar. Jadi peserta didik nantinya akan diajarkan bagaimana melakukan penelitian yang benar secara kajian teoritis ilmiah dan juga mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dengan lancar. Dalam program ini juga, pihak Edu Riset Saintika juga menjanjikan pembekalan “public speaking skill” pada peserta didik agar mereka juga mampu bersaing dalam lomba-lomba tingkat internasional.

Harapan dari Kepala madrasah, agar program ini betul-betul disambut dengan baik oleh seluruh peserta didik dengan menggali betul potensi yang ada serta jangan ragu untuk bertanya dan belajar. Selain tim dari Edu Riset Saintika, di MTsN 3 Pamekasan juga sudah disiapkan tim Research yang merupakan guru-guru yang ada di madrasah ini yang nantinya akan berkolaborasi dan mendampingi peserta didik juga. Mohammad Holis juga meminta support dan dukungan dari para wali murid agar juga mengontrol dan memantau perkembangan yang terjadi pada putra/putri mereka dengan senantiasa memberi motivasi dan penguatan kepada anak-anaknya. Semoga program ini mampu mengantarkan dan membuka peluang para peserta didik dalam menentukan masa depan dan kesuksesan yang hendak diraihnya nanti. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.