Outing Class Learning: Cara Tepat Belajar Alam

Pada hari Selasa, 10 Maret 2020 bertepatan dengan 1 hari sebelum peristiwa Supersemar yang terjadi 55 tahun yang lalu, rombongan peserta didik dari kelas R1 IPA bersama Pembimbing Akademiknya melaksanakan kegiatan Pembelajaran diluar Ruang (Outing Class Learning) di Bukit Kehi desa Kertagena Daya kecamatan Kadur-Pamekasan. Rombongan berangkat sekitar jam 07.20 setelah melaksanakan kegiatan mengaji dan SEREP (Silent Reading Program) bersama di madrasah. Kegiatan rutin harian yang merupakan bentuk pembiasaan bagi seluruh civitas MTsN 3 Pamekasan di pagi hari.

Foto bersama usai kegiatan

Berangkat dengan menggunakan 2 unit mobil minivan, seluruh peserta didik R1 IPA menunjukkan antusiasme yang tinggi. Menurut Pembimbing Akademik (PA) Ibu Siti Fatimah, kegiatan ini merupakan yang pertama kali bagi peserta didik melaksanakan Outing Class Learning di lokasi yang juga menjadi ikon wisata baru di kecamatan Kadur. Untuk itulah, persiapan yang seksama telah dipersiapkan sebelumnya. Ibu Siti Fatimah didampingi pula Ibu Hamsiyah selaku PA II.

Ibu Siti Fatimah menjelaskan materi dengan gamblang

Ibu Siti Fatimah yang juga guru mapel IPA untuk R1 IPA menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah membawa suasana yang berbeda dalam proses KBM serta mengajak para peserta didik mengamati fenomena-fenomena yang ada di alam bebas secara langsung. Proses KBM juga diselingi dengan aktifitas game yang interaktif dan menantang. Dengan begitu, pengalaman berdasar pengamatan langsung ini dapat terekam di memori para peserta didik, sehingga mereka lebih mudah memahami dan menguasai materi yang disampaikan. Karena semakin banyak organ indera terlibat dalam suatu proses pemebelajaran, maka tingkat pemahamannya pun semakin baik dibandingkan hanya dengan mendengarkan penjelasan guru dengan classing activitiesx yang agak menjemukan dan kurang menarik.

Peserta didik serius mendengarkan materi

Bukit Kehi sengaja dipilih sebagai destinasi, karena ekosistem yang ada masih bisa dibilang belum tercemar. Ekosistem yang ada di bukit Kehi juga sangat beragam. Hal ini tentu sangat sesuai dengan materi yang akan disampaiakan. Materi untuk kegiatan kali ini adalah menegenai Global Warming yang juga terangkum dalam UKBM. Belajar dari alam bagaiaman dampak dari Global Warming pada kelangsungan dan keberadaan ekosistem di alam bebas. Untuk itulah pemahaman tentang Global Warming dibutuhkan agar di kemudian hari, para peserta didik ini mampu mencegah dan menanggulanginya.

Tinggalkan Balasan