Peran Guru TIK Dalam Implementasi Kurikulum 13

Mata Pelajaran TIK dihapus dalam Kurikulum 2013 dan Guru TIK menggalau. Kini nasib Guru TIK terjawab melalui Permendikbud Nomor 68 Tahun 2014. Pada Permen ini mengatur tentang peran guru TIK pada Kurikulum 2013.

 

Berikut ini peranan guru TIK pada kurikulum 2013 yaitu :

  1. membimbing peserta didik pada SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat untuk mencapai standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah.
  2. memfasilitasi sesama guru pada SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat dalam menggunakan TIK untuk persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah; dan
  3. memfasilitasi tenaga kependidikan pada SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat dalam mengembangkan sistem manajemen sekolah berbasis TIK.

Sedangkan kewajiban guru TIK adalah sebagai berikut :

  1. membimbing peserta didik SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat untuk mencari, mengolah, menyimpan, menyajikan, serta menyebarkan data dan informasi dalam berbagai cara untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran;
  2. memfasilitasi sesama guru SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat untuk mencari, mengolah, menyimpan, menyajikan, serta menyebarkan data dan informasi dalam berbagai cara untuk persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran; dan
  3. memfasilitasi tenaga kependidikan SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat untuk mengembangkan sistem manajemen sekolah berbasis TIK.

Mengenai Beban kerja guru TIK melakukan pembimbingan paling sedikit 150 (seratus lima puluh) peserta didik per tahun pada 1 (satu) atau lebih satuan pendidikan baik secara klasikal maupun individu.

Adapun rincian kegiatan guru TIK dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai berikut :

  1. menyusun rancangan pelaksanaan layanan dan bimbingan TIK;
  2. melaksanakan layanan dan bimbingan TIK per tahun;
  3. menyusun alat ukur /lembar kerja program layanan dan bimbingan TIK;
  4. mengevaluasi proses dan hasil layanan dan bimbingan TIK;
  5. menganalisis hasil layanan dan bimbingan TIK;
  6. melaksanakan tindak lanjut hasil evaluasi dengan memperbaiki layanan dan bimbingan TIK;
  7. menjadi pengawas penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar tingkat sekolah dan nasional;
  8. membimbing peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler;
  9. membimbing guru dalam penggunaan TIK;
  10. membimbing tenaga kependidikan dalam penggunaan TIK;
  11. melaksanakan pengembangan diri; dan
  12. melaksanakan publikasi ilmiah dan/atau membuat karya inovatif

One thought on “Peran Guru TIK Dalam Implementasi Kurikulum 13”

  1. menurut saya, penghapusan mata pelajaran TIK merupakan hal yang aneh dan tak perlu dilakukan. apalagi jika dikaitkan dengan penerapan K-13 yang salah satunya menganjurkan pembelajaran berbasis IT, hal tersebut bukan hanya guru yang dituntut menguasai komputer, peserta didikpun sama. lebih-lebih dengan diterapkannya pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).jika mata pelajaran ini sudah dihapus, mana mungkin mereka (peserta UNBK)bisa mengoperasikan komputer dengan baik hal ini bisa berdampak fatal terhadap hasil ujian tersebut.

Tinggalkan Balasan